Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Cuma 4K, Samsung Galaxy S11 Bisa Rekam Video 8K?

Kompas.com - 10/12/2019, 15:41 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Perekaman video 4K kini sudah menjadi fitur umum di smartphone kelas atas. Untuk Galaxy S11 tahun depan, Samsung kabarnya bakal mendongkrak kemampuan video lebih jauh lagi dengan menyematkan fitur perekaman dalam resolusi 8K.

Berbeda dari video 4K (3.840 x 2.160 piksel), video 8K memiliki resolusi jauh lebih tinggi, yakni 7.680 x 4.320 piksel. Artinya, masing-masing frame video 8k adalah sebesar 33 megapiksel, dibandingkan 8 megapiksel untuk tiap frame video 4K.

Baca juga: Bocoran Video Ungkap Tampilan Galaxy S11 dari Berbagai Sisi

Galaxy S11 pun membutuhkan sensor kamera beresolusi setidaknya 33 megapiksel untuk merekam video 8K. Namun, Samsung disinyalir memang akan menanamkan kamera utama 108 megapiksel di punggung ponsel tersebut.

System-on-Chip Exynos 990 yang diduga akan mengotaki Galaxy S11 pun kabarnya memiliki kinerja komputasi cukup tinggi untuk menangani pemrosesan sejumlah besar data dari perekaman 8K, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Sammobile, Selasa (10/12/2019).

Apabila frame rate video yang direkam sebesar 30 FPS saja, maka tiap detik ada 30 gambar (frame), masing-masing dengan resolusi 33 megapiksel, yang mesti diolah.

Baca juga: Bocoran Fitur Kamera Samsung Galaxy S11, Bisa Zoom 100x?

Selain itu, rangkaian kamera di Galaxy S11 turut diprediksi bakal memiliki kemampuan zoom optik hingga 5x. Konon karena itulah kameranya disebut dengan kode nama "Hubble", mengacu pada teleskop di angkasa tersebut.

Samsung sendiri masih belum mengungkap informasi resmi menegani Galaxy S11. Ponsel ini diduga akan meluncur pada Februari 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SamMobile


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com