Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Siapkan Dana Riset Rp 99 Triliun untuk 5G dan IoT

Kompas.com - 11/12/2019, 07:59 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

SHENZEN, KOMPAS.com - Oppo menggelontorkan dana invetasi dengan angka yang besar untuk tim riset dan pengembangan. Vendor smartphone asal China ini akan menyiapkan dana sebesar 50 yuan atau sekitar Rp 99,4 triliun.

"Tahun ini dan dalam tiga tahun ke depan kami menginvestasikan 50 miliar yuan untuk tim riset dan pengembangan," ungkap Tony Chen, pendiri sekaligus CEO Oppo, saat mempresentasikan proyeksi 5G Oppo dalam acara Oppo Inno Day, yang berlangsung di Shenzen, China, Selasa (10/12/2019).

Pihak Oppo mengatakan bahwa fokus yang akan dikejar dalam investasi ini adalah percepatan komersialisasi 5G dan pengembangan perangkat Internet of Things (IoT).

Tony mengatakan hal ini dilakukan untuk menegaskan posisi Oppo yang bukan hanya pabrikan ponsel semata.

Baca juga: Oppo Janji Akan Rilis Smartphone 5G Rp 5 Jutaan Tahun Depan

Pasalnya saat ini, Oppo juga turut menggeluti industri perangkat IoT. Tony mengatakan, smartphone hanyalah perangkat awal tapi berperan sangat penting sebagai pintu utama ekosistem IoT.

Dalam kesempatan yang sama, Oppo juga memperkenalkan beberapa perangkat baru yang mendukung terciptanya ekosistem IoT tersebut.

Baca juga: Oppo Perkenalkan Kacamata Augmented Reality dan Router 5G

Produk baru yang diperkenalkan di antaranya adalah smart watch, smart headphone, smart router 5G CPE, dan AR Glass yang rencananya akan rilis pada kuartal pertama tahun 2020.
Lantas, apakah Indonesia akan kebagian?

"Belum tahu. Kalau AR Glasses didukung jaringan 5G, tentu menunggu kesiapan 5G di Indonesia," jelas Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com