Paket Netflix Khusus Smartphone Hadir di Indonesia, Rp 49.000 Per Bulan

Kompas.com - 11/12/2019, 10:58 WIB
Ilustrasi Netflix di smartphone. BloombergIlustrasi Netflix di smartphone.

JAKARTA, KOMPAS.com - Netflix akhirnya membawa paket berlangganan mobile ke Indonesia. Sebelumnya, paket ini sudah dikenalkan di India dan Malaysia.

Berbeda dengan paket berlangganan reguler, paket berlangganan mobile membatasi pengguna hanya bisa menonton konten-konten Netflix dari perangkat smartphone dan tablet.

Paket langganan khusus smartphone di Indonesia oleh Netflix dibanderol dengan harga Rp 49.000 per bulan, atau lebih murah setengah harga dari paket berlangganan Basic yang sebesar Rp 109.000 per bulan.

"Kami melihat Indonesia memiliki waktu menonton (screen time) yang dua kali lebih tinggi dibanding rata-rata pengguna global," ujar juru bicara Netflix, Kooswardini Wulandari, kepada KompasTekno, Selasa (10/12/2019).

Baca juga: Kominfo: KPI Tak Bisa Awasi YouTube dan Netflix

Calon pelanggan yang baru mendaftar mulai 11 Desember akan disuguhi pilihan berlangganan mobile saat mendaftar. Sementara pelanggan lama yang ingin beralih ke paket mobile bisa melakukannya melalui tautan berikut ini.

Netflix juga memberikan uji coba gratis selama satu bulan untuk paket berlangganan mobile ini.

Perbedaan lain untuk paket mobile adalah, kualitas video maksimal yang disediakan adalah SD atau 480p. Berbeda dari paket langganan biasa yang bisa mencapai Full HD atau bahkan 4K bagi pelanggan Premium.

"Kami melihat kualitasnya (SD) sudah mencukupi untuk kebutuhan mobile," kata wanita yang akrab disapa Dini itu.

Baca juga: Dirut Baru Telkomsel Pertimbangkan Buka Blokir Netflix

Untuk diingat, harga Rp 49.000 per bulan hanyalah biaya berlangganan Netflix, belum termasuk kuota data yang dibutuhkan untuk streaming mobile. Di Indonesia sendiri sekarang sudah ada beberapa operator seluler yang memberikan paket khusus Netflix, seperti XL Axiata dan Tri (3).

Dini menambahkan bahwa Netflix juga memiliki fitur hemat kuota data, di mana kuota 1 GB diklaim bisa dipakai untuk menonton video selama 7 jam.

Adapun paket berlangganan Netflix di Indonesia secara keseluruhan adalah sebagai berikut:

  • Ponsel/mobile: Rp 49.000/bulan
  • Basic: Rp 109.000/bulan
  • Standard: Rp 139.000/bulan
  • Premium: Rp 169.000/bulan



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X