Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Netflix Khusus Smartphone Hadir di Indonesia, Rp 49.000 Per Bulan

Kompas.com - 11/12/2019, 10:58 WIB
Reska K. Nistanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Netflix akhirnya membawa paket berlangganan mobile ke Indonesia. Sebelumnya, paket ini sudah dikenalkan di India dan Malaysia.

Berbeda dengan paket berlangganan reguler, paket berlangganan mobile membatasi pengguna hanya bisa menonton konten-konten Netflix dari perangkat smartphone dan tablet.

Paket langganan khusus smartphone di Indonesia oleh Netflix dibanderol dengan harga Rp 49.000 per bulan, atau lebih murah setengah harga dari paket berlangganan Basic yang sebesar Rp 109.000 per bulan.

"Kami melihat Indonesia memiliki waktu menonton (screen time) yang dua kali lebih tinggi dibanding rata-rata pengguna global," ujar juru bicara Netflix, Kooswardini Wulandari, kepada KompasTekno, Selasa (10/12/2019).

Baca juga: Kominfo: KPI Tak Bisa Awasi YouTube dan Netflix

Calon pelanggan yang baru mendaftar mulai 11 Desember akan disuguhi pilihan berlangganan mobile saat mendaftar. Sementara pelanggan lama yang ingin beralih ke paket mobile bisa melakukannya melalui tautan berikut ini.

Netflix juga memberikan uji coba gratis selama satu bulan untuk paket berlangganan mobile ini.

Perbedaan lain untuk paket mobile adalah, kualitas video maksimal yang disediakan adalah SD atau 480p. Berbeda dari paket langganan biasa yang bisa mencapai Full HD atau bahkan 4K bagi pelanggan Premium.

"Kami melihat kualitasnya (SD) sudah mencukupi untuk kebutuhan mobile," kata wanita yang akrab disapa Dini itu.

Baca juga: Dirut Baru Telkomsel Pertimbangkan Buka Blokir Netflix

Untuk diingat, harga Rp 49.000 per bulan hanyalah biaya berlangganan Netflix, belum termasuk kuota data yang dibutuhkan untuk streaming mobile. Di Indonesia sendiri sekarang sudah ada beberapa operator seluler yang memberikan paket khusus Netflix, seperti XL Axiata dan Tri (3).

Dini menambahkan bahwa Netflix juga memiliki fitur hemat kuota data, di mana kuota 1 GB diklaim bisa dipakai untuk menonton video selama 7 jam.

Adapun paket berlangganan Netflix di Indonesia secara keseluruhan adalah sebagai berikut:

  • Ponsel/mobile: Rp 49.000/bulan
  • Basic: Rp 109.000/bulan
  • Standard: Rp 139.000/bulan
  • Premium: Rp 169.000/bulan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com