Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nadiem Makarim hingga Joker Jadi Terpopuler di Google Sepanjang 2019

Kompas.com - 11/12/2019, 18:35 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Google kembali mengumumkan daftar pencarian terpopuler selama satu tahun terakhir di Indonesia. Daftar ini dirangkum dalam Year in Search 2019.

Head of Marketing, Google Indonesia, Philippines dan NBU Asia Tenggara (SEA), Veronica Utami mengatakan daftar Year in Search 2019 ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran.

Daftar ini menggambarkan topik di Indonesia yang mengalami peningkatan yang berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Year in Search menunjukkan bahwa 2019 adalah tahun di mana masyarakat Indonesia menaruh perhatian lebih terhadap perubahan dan harapan," ujar Veronica di Jakarta Rabu (11/12/2019).

Baca juga: Makin Banyak Orang Indonesia Nonton Video Online

"Baik perubahan dengan diri sendiri. Mulai dari reaksi dan konsumsi informasi, gaya hidup - hingga sosok yang menginspirasi perubahan," imbuhnya.

Ada 9 kategori yang diangkat pada tahun ini yaitu Tren Penelusuran, Tokoh, Kepergian Tokoh, Peristiwa Nasional, Lagu, Apa Itu, Bagaimana Cara, Resep, dan Film.

Beberapa trending di Google sepanjang tahun 2019 yang menggambarkan harapan perubahan Indonesia adalah Pemilihan Umum Presiden, Cara Hidup Sehat, Kepergian tokoh BJ. Habibie, Menteri Nadiem Makarim, BMKG Gempa, hingga RUU KPK.

Selain itu, Veronica mengungkapkan bahwa orang Indonesia semakin berusaha memahami informasi yang mereka terima, dan berharap mengubah situasi menjadi lebih baik.

Baca juga: Google Maps Mode Menyamar Kini Hadir di Perangkat iOS

Hal itu dibuktikan dengan pencarian dari kategori "Apa Itu" yakni cerita seputar KKN Desa Penari, Mukbang, Podcast, Santuy, Ferguso, hingga kata "Bucin".

Terkait pencarian seputar gaya hidup, khususnya hidup sehat, menjadi salah satu yang banyak dicari di tahun 2019.

Hal ini terbukti dengan pencarian seputar cara menghitung berat badan ideal, cara menurunkan kolesterol, cara diet alami hingga resep makanan dan minuman sehat.

Tak hanya itu, sosok dan kisah yang menginspirasi perubahan, dari mulai tokoh, pelaku hingga karya seni Indonesia, juga masuk dalam beberapa daftar kategori di tren penelusuran di 2019.

Ada pula kategori film juga menjadi sorotan. Seperti kisah box-office Avengers: End Game, Dua Garis Biru, dan Keluarga Cemara.

Baca juga: UU Perlindungan Data Pribadi Dulu, Data Center Facebook dan Google Kemudian

Selain nama tokoh besar yang masuk dalam beragam kategori tren pencarian, tahun ini merupakan tahun kepergian banyak pelopor dan tokoh yang berpengaruh di negeri ini.

Mulai dari para pemimpin Indonesia, hingga para atlet muda yang patut dihargai dan dikenang. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com