Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Klaim Jadi Salah Satu Perusahaan dengan Paten 5G Terbanyak

Kompas.com - 12/12/2019, 11:46 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

SHENZHEN, KOMPAS.com - Era internet 5G ternyata sudah cukup lama disiapkan Oppo. Perusahaan smartphone asal China ini bahkan punya pengaruh cukup besar di dalam pengembangan 5G.

Setidaknya begitu, jika dilihat dari jumlah paten 5G yang dimiliki. Per bulan Oktober 2019, Oppo sesumbar telah mendaftarkan lebih dari 2.500 paten penting.

"Dan lebih dari 1.000 paten standar 5G telah kami daftarkan ke European Telecommunications Standards Institute (ETSI)," jelas Henry Tang, Chief 5G Scientist Oppo dalam rangkaian acara Oppo Inno Day 2019: 5G Workshop di Shenzen, China, Rabu (11/12/2019).

Oppo juga mengklaim telah mengirimkan lebih dari 3.000 proposal teknis ke 3GPP (3rd Generation Partnership Project), organisasi yang mengatur standar jaringan seluler seperti GSM, 3G, LTE, hingga 5G.

Henry Tang, Chief 5G Scientist Oppo saat menjadi pembicara di acara Oppo Inno Day 2019: 5G Workshop di Shenzen, China. Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Henry Tang, Chief 5G Scientist Oppo saat menjadi pembicara di acara Oppo Inno Day 2019: 5G Workshop di Shenzen, China.
"Kami adalah salah satu pemilik paten 5G terbanyak saat ini," klaim Lein Liu, Global Vice President dan President OPPO Research Institute saat mempresentasikan proyeksi 5G Oppo di acara Oppo Inno Day sehari sebelumnya.

Baca juga: Oppo Siapkan Dana Riset Rp 99 Triliun untuk 5G dan IoT

Kontribusi Oppo untuk perkembangan 5G sudah berlangsung sejak 2015. Kala itu, Oppo membentuk sebuah tim standar komunikasi dan memulai penelitian awal pada perumusan standar 5G.

Pada tahun 2018, OPPO berpartisipasi sebagai produsen terminal tunggal dalam perumusan fase ketiga dari grup promosi IMT-2020 (5G) China. Ke depan, Henry mengatakan Oppo akan berpijak pada standar 3GPP Realese 17 untuk menyelenggarakan 5G secara komersil.

Baca juga: Oppo Janji Akan Rilis Smartphone 5G Rp 5 Jutaan Tahun Depan

Sekadar informasi, 3GPP Release 17 adalah dokumen yang fokus pada standarisasi IoT dan aplikasi non-smartphone yang berkaitan dengan 5G. Standarisasi ini akan mulai disepakati awal tahun 2020 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com