Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xbox Series X Resmi Dikenalkan, Meluncur Akhir 2020

Kompas.com - 13/12/2019, 11:32 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft resmi mengumumkan generasi terbaru Xbox, yang diberi nama Xbox Series X, lewat sebuah trailer video. Konsol tersebut akan dirilis Microsoft pada akhir 2020 mendatang.

Vidoe trailer konsol Xbox generasi terbaru itu diungkap Microsoft di acara Game Awards 2019 yang berlangsung di Los Angeles, AS, Jumat (13/12/2019).

Seperti yang telihat pada trailer-nya, konsol Xbox Series X terlihat memiliki desain menyerupai CPU PC, berbentuk kotak persegi panjang, dengan tepian sudut yang tegas. Menanggalkan desain khas Xbox selama ini.

Dengan bentuk seperti itu, Xbox Series X dapat diposisikan secara horizontal maupun vertikal.

Sebaliknya, kontroler pada konsol ini masih mengadaptasi bentuk yang "khas" layaknya seri Xbox One namun telah dilengkapi dengan sentuhan fitur tambahan yang modern.

Baca juga: Game Xbox Akan Bisa Dimainkan Lewat Ponsel Android

Phil Spencer selaku Executive Vice-President of Gaming at Microsoft menjelaskan, Xbox Series X memiliki fitur baru pada kontrolernya.

"Pada kontrolernya, Xbox Series X miliki bentuk dan ukuran yang telah disempurnakan serta dilengkapi dengan tombol "share", demi mempermudah pengguna dalam melakukan screenshot pada game" jelas Spencer, dikutip KompasTekno dari The Verge, Jumat (13/12/2019).

Kontroler terbaru itu juga bakal kompatibel dengan konsol generasi Xbox sebelumnya, seperti Xbox One, dan bahkan PC Windows 10.

Microsoft juga mengklaim bahwa Xbox Series X merupakan konsol paling responsif berkat adanya teknologi Auto Low Latency Mode dan Dynamic Latency Input yang telah diimplementasikan pada konsol ini.

Dari segi dapur pacu, Xbox Series X mengusung CPU bertenaga AMD Zen 2, dengan arsitektur Radeon RDNA yang powerful.

Baca juga: Xbox Project Scarlett Meluncur 2020, Hardware Lebih Ngebut

Untuk dapat memberikan pengalaman gaming yang nyata, konsol ini telah mendukung tampilan berkualitas 8K dengan kecepatan frame rate 120 fps, dan tampilan 4K dengan frame rate di angka 60 fps.

Microsoft juga menggadang-gadang Xbox Series X akan memiliki waltu loading yang lebih singkat karena menggunakan media penyimpanan SSD.

Setelah mengetahui spesifikasi Xbox Series X, tertarik pada konsol ini? Microsoft belum mengumumkan tanggal pasti peluncuran Xbox Series X, hanya menuliskan Holiday 2020, atau bertepatan dengan momen akhir tahun menjelang Natal tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com