Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy Fold di Indonesia

Kompas.com - 13/12/2019, 19:40 WIB
Galaxy Fold dalam mode tablet saat layar lipatnya dibentangkan. Di pojok kanan atas layar yang berdiagonal 7,3 inci ini terdapat bezel yang memuat kamera selfie ganda (10 MP dan depth sensor). KOMPAS.com/ OIK YUSUFGalaxy Fold dalam mode tablet saat layar lipatnya dibentangkan. Di pojok kanan atas layar yang berdiagonal 7,3 inci ini terdapat bezel yang memuat kamera selfie ganda (10 MP dan depth sensor).
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Ponsel lipat Galaxy Fold dari Samsung sudah bisa dipesan di Indonesia dengan banderol Rp 30.888.000 lewat sesi pre-order yang digelar pada Jumat (13/12/2019).

Harga tersebut menjadikan Galaxy Fold ponsel termahal Samsung di Indonesia, sekaligus terunik karena memiliki layar fleksibel berukuran 7,3 inci yang bisa ditekuk-tekuk.

Product Marketing Samsung Indonesia Taufiq Furqan menerangkan bahwa layar Galaxy Fold tidak berlapis kaca atau Gorilla Glass yang kaku, melainkan material polymide yang lentur dan bisa mengikuti fleksibilitas panel AMOLED yang digunakan.

"Layar Galaxy Fold bisa dibuka-tutup sebanyak 200.000 kali, atau setara dengan waktu 5 tahun untuk penggunaan normal," terang Taufiq tentang ketahanan layar lipat ponsel ini.

Layar dilipat ke arah dalam seperti menutup sebuah buku. Dalam keadaan terlipat ini Galaxy Fold masih bisa digunakan karena terdapat layar kedua di sisi luar yang berukuran 4,6 inci.

Layar kedua tersebut bisa digunakan untuk menjalankan fungsi-fungsi perangkat layaknya ponsel normal, seperti menelepon atau browsing. Hanya saja ukurannya memang lebih kecil dibandingkan layar utama apabila dibentangkan.

Galaxy Fold dalam keadaan terlipat. Di sisi luarnya terdapat layar kedua (Cover Display) berukuran 4,6 inci, berikut kamera selfie 10 MP (foto kiri). Kamera utamanya di bagian punggung ada tiga buah, terdiri dari kamera wide 12 MP (f/1.5-2.4), kamera telephoto 12 MP (f/2.4), dan kamera ultra wide 16 MP (f/2.2). KOMPAS.com/ OIK YUSUF Galaxy Fold dalam keadaan terlipat. Di sisi luarnya terdapat layar kedua (Cover Display) berukuran 4,6 inci, berikut kamera selfie 10 MP (foto kiri). Kamera utamanya di bagian punggung ada tiga buah, terdiri dari kamera wide 12 MP (f/1.5-2.4), kamera telephoto 12 MP (f/2.4), dan kamera ultra wide 16 MP (f/2.2).

Berbeda dari flagship Samsung lainnya, layar fleksibel Galaxy Fold belum memiliki pemindai sidik jari terintegrasi. Sebagai gantinya Samsung menyematkan fingerprint scanner konvensional di sisi kanan, sejajar dengan tombol volume, dan tombol daya.

Galaxy Fold memiliki enam kamera yang terdiri dari tiga kamera belakang dan tiga kamera depan. Kamera depan terpisah menjadi dua bagian.

Baca juga: Punya Kamera di Bawah Layar, Galaxy Fold 2 Meluncur pada 2020?

Dua kamera depan (10 MP + depth sensor) terdapat di sisi dalam, di pojok kanan atas layar utama yang selebar 7,3 inci. Kamera ganda ini bisa dipakai saat layar ponsel dalam keadaan dibentangkan sehingga serupa tablet.

Saat layar dilipat, dua kamera depan tadi jadi ikut tertutup dan tidak bisa digunakan. Sebagai gantinya ada kamera depan lain (10 MP) yang diletakkan di sisi luar, di pojok kanan atas Cover Display 4,6 inci.

Baca juga: Samsung Umumkan Galaxy A51 dan A71, Usung 4 Kamera Belakang Bentuk L

Selain itu, Galaxy Fold turut dibekali sepasang speaker di sisi atas dan bawah. Ketika perangkat dipakai dalam mode tablet dan orientasi landscape, misalnya saat bermain game, kedua speaker ini akan berada di sisi kanan dan kiri.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X