Cara Melihat Perjalanan dan Lokasi yang Pernah Dikunjungi lewat Google Maps

Kompas.com - 14/12/2019, 08:06 WIB
Google Maps adalah salah satu fitur andalan yang membantu pelancong menentukan rute saat melakukan perjalanan solo. Dok. Pixabay / NI PUTU DINANTY Google Maps adalah salah satu fitur andalan yang membantu pelancong menentukan rute saat melakukan perjalanan solo.

KOMPAS.com - Aplikasi peta digital Google Maps membuat rangkuman perjalanan penggunanya dalam tab 'Linimasa Anda' atau 'Your Timeline'.

Fitur Your Timeline ini adalah salah satu cara Google untuk memberikan daftar riwayat perjalanan pengguna, dan daerah mana saja yang pernah mereka kunjungi.

Pengguna cukup membuka aplikasi mobile Google Maps di iOS atau Android, dan pilih menu tiga garis horizontal di sebelah kiri dari halaman utama, atau dengan cara swipe ke kanan.

Cara menggunakan layanan Your Timeline dari Googlemaps Putri Zakia Salsabila Cara menggunakan layanan Your Timeline dari Googlemaps

Dalam bar tersebut, Anda akan ditawarkan beberapa menu pilihan, pilihlah menu di baris kedua dengan tulisan Your Timeline/Linimasa Anda.

Baca juga: Google Maps Punya Fitur Anti-kesasar dan Rekomendasi Tempat Makan

Pengguna akan dibawa ke halaman yang menunjukkan histori perjalanan sejak Anda menggunakan GoogleMaps dan GPS diaktifkan. Tampilan utama menunjukkan menu perjalanan Hari Ini.

Jika ingin melihat perjalanan di hari sebelunya, klik menu Today/Hari Ini di bagian atas, lalu pilih tanggal dan bulan yang dikehendaki.

Terdapat pula empat kolom untuk membantu Anda mencari histori perjalanan.
Anda bisa mencari riwayat perjalanan berdasarkan tanggal, tempat, kota, dunia atau negara yang telah Anda kunjungi.

Apabila Anda ingin menambahkan perjalanan Anda yang belum tersimpan dalam linimasa ini, Anda dapat memilih menu tiga titik yang berada pada pojok kanan atas.

Pada menu tersebut, Anda dapat merefresh halaman, menambahkan tempat, catatan, dan menghapus histori perjalan perhari.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan bantuan, mengirimkan masukan kepada Google dan terdapat setelan serta privasi. 

Selain melalui Ponsel, pengguna juga dapat melilhat histori perjalanan melalui desktop atau PC melalui laman https://www.google.co.id/maps/timeline.

Baca juga: Google Maps Mode Menyamar Meluncur, Begini Cara Pakainya



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X