Menjajal Ponsel Lipat Galaxy Fold Seharga Rp 30 Juta di Indonesia

Kompas.com - 14/12/2019, 11:02 WIB
Ponsel lipat Samsung Galaxy Fold KOMPAS.com/ OIK YUSUFPonsel lipat Samsung Galaxy Fold
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Setelah dirilis secara internasional pada September lalu, ponsel layar lipat pertama Samsung, Galaxy Fold mulai dijual di Indonesia lewat sesi pre-order yang digelar pada Jumat (13/13/2019).

Sebagai ponsel lipat, Galaxy Fold memiliki keunikan berupa layar fleksibel berukuran 7,3 inci (2.152 x 1.536 piksel, 4.2:3), yang bisa ditekuk ke arah dalam, sehingga bentuk perangkat berubah dari serupa tablet menjadi seperti smartphone.

Di bagian luar terdapat layar kedua bernama “Cover Display” dengan ukuran 4,6 inci (1.680 x 720 piksel, 21:9) yang bisa dipakai ketika Galaxy Fold dalam keadaan terlipat.

Lewat fitur App Continuity, aplikasi yang dijalankan di Cover Display ini akan langsung terbuka di layar bagian dalam, apabila pengguna membentangkan perangkat.

Galaxy Fold dalam keadaan terlipat. Di sisi luarnya terdapat layar kedua (Cover Display) berukuran 4,6 inci, berikut kamera selfie 10 MP (foto kiri). Kamera utamanya di bagian punggung ada tiga buah, terdiri dari kamera wide 12 MP (f/1.5-2.4), kamera telephoto 12 MP (f/2.4), dan kamera ultra wide 16 MP (f/2.2). KOMPAS.com/ OIK YUSUF Galaxy Fold dalam keadaan terlipat. Di sisi luarnya terdapat layar kedua (Cover Display) berukuran 4,6 inci, berikut kamera selfie 10 MP (foto kiri). Kamera utamanya di bagian punggung ada tiga buah, terdiri dari kamera wide 12 MP (f/1.5-2.4), kamera telephoto 12 MP (f/2.4), dan kamera ultra wide 16 MP (f/2.2).

Baca juga: Dijual Rp 30 Juta di Indonesia, Samsung Galaxy Fold Ludes dalam 31 Menit

“App Continuity akan langsung membuka aplikasi dalam keadaan yang sama persis dengan di layar luar, jadi pengguna tidak perlu mengulang dengan membuka kembali aplikasi,” ujar Product Marketing Samsung Indonesia, Taufiq Furqan.

Dengan area layar mencapai 7,3 inci, Galaxy Fold pun menjadi seukuran tablet kecil dan nyaman saat digunakan melihat konten di layar. Sebanyak 3 aplikasi sekaligus bisa dijalankan di layar lewat mekanisme split screen untuk mempermudah multitasking.

Yang mengejutkan, Galaxy Fold ternyata sangat bertenaga dan asyik untuk dipakai bermain game. Layar besarnya membuat sensasi bermain seperti di tablet macam iPad Mini, didukung pula oleh kinerjanya yang tinggi dengan Snapdragon 855, RAM 12 GB, dan storage 512 GB.

Galaxy Fold ternyata menyenangkan untuk dipakai bermain game. Kinerjanya tinggi, layarnya lebar seperti tablet. Audio pun terasa mantap berkat sepasang speaker yang menghasilkan efek stereo. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Galaxy Fold ternyata menyenangkan untuk dipakai bermain game. Kinerjanya tinggi, layarnya lebar seperti tablet. Audio pun terasa mantap berkat sepasang speaker yang menghasilkan efek stereo.

Ditambah lagi, saat digunakan dalam mode tablet dan orientasi landscape untuk bermain game, di sisi kanan dan kiri terdapat speaker sehingga menghasilkan efek stereo, layaknya ponsel gaming yang menyematkan sepasang pengeras suara.

Versi yang ditingkatkan

Galaxy Fold yang dipasarkan di Indonesia merupakan versi yang sudah ditingkatkan alias diperbaiki rancangannya oleh Samsung. Perangkat ini awalnya akan dirilis global pada pertengahan 2019, namun ditunda karena engselnya bermasalah.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy Fold di Indonesia

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X