Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google dan Facebook Tidak Lagi Jadi Tempat Kerja Idaman

Kompas.com - 16/12/2019, 12:14 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Fortune

KOMPAS.com - Pernah menonton film The Internship? Dalam film tersebut digambarkan bagaimana suasana bekerja di kantor Google dengan segala kenikmatannya.

Dengan budaya kerja tidak kaku, makan siang gratis, hingga fasilitas penunjang yang lengkap membuat Google menjadi salah satu incaran para pencari kerja.

Begitu pula dengan Facebook. Raksasa teknologi ini juga tak jarang menjadi tempat bekerja yang diidam-idamkan oleh para job seeker.

Namun, tahukah Anda jika kini pamor Google dan Facebook sebagai tempat kerja idaman kini mulai tergeser?

Hasil riset dari platform penyedia informasi pekerjaan, Glassdoor, mengatakan demikian. Google dan Facebook terdepak dari jajaran sepuluh besar perusahaan yang diidamkan para pencari kerja.

Riset ini dibuat Glassdoor dengan melakukan survei terhadap sejumlah variabel seperti kompensasi, tunjangan, budaya, dan manajemen senior.

Pada tahun 2019 ini posisi Google melorot ke peringkat 11. Berbeda dengan tahun 2015 lalu di mana Google menjadi perusahaan yang paling diidamkan.

Baca juga: Fitur Penerjemah Real Time Hadir di Google Assistant, Dukung Bahasa Indonesia

Selama delapan tahun terakhir Google juga terus menerus masuk dalam daftar sepuluh besar.

Merosotnya peringkat Google disebabkan adanya masalah dalam tubuh Google itu sendiri. Di Google, para karyawan melayangkan protes terhadap sejumlah kebijakan.

Salah satunya adalah terhadap tindakan perusahaan yang melakukan intimidasi terhadap serikat pekerja.

Bahkan berdasarkan informasi Bloomberng pada Februari lalu, kepercayaan karyawan terhadap perusahaan pun menurun. Jumlah karyawan yang mempercayai CEO Google, Sundar Pichai, lebih sedikit dari tahun sebelumnya.

Hal serupa terjadi pada Facebook. Di tahun 2019 ini, Facebook melorot ke peringkat 23 sebagai tempat kerja favorit.

Baca juga: Hard Disk Berisi Data Gaji Karyawan Facebook Dicuri

Padahal selama satu dekade terakhir perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg ini pernah menduduki peringkat teratas sebanyak tiga kali.

Pada tahun 2018 lalu, Facebook masih menjadi salah satu perusahaan yang menjadi favorit pekerja. Facebook ketika itu menduduki peringkat ke 8.

Dengan kata lain, tahun 2019 ini menjadi pencapaian terburuk Facebook sejak sepuluh tahun terakhir yang terus masuk dalam 10 besar tempat kerja terbaik.

Menurut Glassdoor, hal ini disebabkan adanya sejumlah permasalahan di dalam tubuh Facebook terkait sejumlah kebijakan yang diambil. Seperti contohnya kebijakan terkait iklan politik yang mengundang pro-kontra di antara karyawan.

Lantas perusahaan apa saja yang menjadi Tempat Kerja Terbaik di tahun 2020? Berikut adalah 10 perusahaan paling diidamkan versi Glassdoor sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Fortune, Senin (16/12/2019).

  1. HubSpot
  2. Bain & Co.
  3. DocuSign
  4. In-N-Out Burger
  5. Sammons Financial Group
  6. Lawrence Livermore National Laboratory
  7. Intuitive Surgical
  8. Ultimate Software
  9. VIPKid
  10. Southwest Airlines
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Fortune
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com