Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Kalahkan Apple di Pasar Gadget "Wearable"

Kompas.com - 17/12/2019, 07:02 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Raksasa teknologi China, Xiaomi mendominasi pasar wearable dunia, mengalahkan Apple. Hal ini terungkap dari laporan terbaru firma riset Canalys.

Riset Canalys ini berfokus pada segmen wearable band, yang mencakup gelang pintar, jam pintar, ataupun perangkat fitness tracker lainnya. Tak hanya itu, firma riset Canalys juga mengungkapkan adanya perubahan di Kuartal III pada tahun ini.

Di kuartal III-2019, pengapalan wearable yang termasuk gelang pintar, jam pintar hingga fitness tracker tumbuh 65 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Xiaomi pun mengalami lonjakan terbesar di antara merek lain dengan pertumbuhan sebesar 74 persen..

Xiaomi mengirimkan 12,2 juta unit perangkat wearable band dengan jumlah pangsa pasar sebesar 27 persen.

Baca juga: Resmi Masuk Indonesia, Xiaomi Mi Band 4 Dijual Rp 450.000

Hal itu terwujud berkat performa kuat Xiaomi di pasar domestik (China) dan ekspansi agresif di mancanegara. Harga Xiaomi Mi Band 4 yang murah (di bawah Rp 500.000) juga mendorong penjualan wearable Xiaomi.

Bahkan, Xiaomi berhasil mengalahkan Apple di segmen wearable ini, yang berada di posisi kedua dengan pangsa pasar sebesar 15 persen.

Di peringkat selanjutnya, berturut-turut ada Huawei dengan dengan pangsa pasar 13 persen, Fitbit dengan 8 persen, dan di posisi lima ada Samsung dengan 6 persen.

Huawei mengalami pertumbuhan pasar sebesar 243 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu didukung oleh performa penjualan yang agresif, terutama karena penjualannya di pasar China.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Beli Ponsel Xiaomi di Mi Store Buka Kardus di Toko

Sementara itu, dilansir KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (17/12/2019), untuk mempertahankan posisinya, Apple masih mempertahankan model Apple Watch lamanya.

Meskipun demikian, Apple Watch Series 5 juga menjadi penyumbang terbesar pertumbuhan penjualan perangkat wearable dari Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber gsmarena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com