Instagram Kedatangan Fitur Baru Pencegah "Bullying"

Kompas.com - 17/12/2019, 13:09 WIB
Logo Instagram. KOMPAS.com/Bill ClintenLogo Instagram.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Instagram kembali meluncurkan fitur terbaru untuk mencegah perundungan ( bullying) di platformnya. Fitur bernama Caption Warning tersebut dapat mencegah pengguna menyerang pengguna Instagram lain melalui caption atau keterangan foto.

Dengan fitur ini, pengguna akan mendapat sebuah peringatan saat mereka terdeteksi menulis kata-kata kasar atau bernada menyerang pengguna lain di dalam caption foto yang akan mereka unggah.

Misalnya, jika pengguna memasukkan kalimat "you are st*pid" atau "you are d*mb" di kolom caption, maka sebuah jendela pop-up akan muncul setelah menekan tombol "Share".

Jendela pop-up ini menginformasikan bahwa kalimat yang ditulis serupa dengan kalimat yang pernah dilaporkan oleh pengguna Instagram. Kalimat tersebut dianggap perundungan terhadap seseorang. 

Jendela peringatan Caption Warning di Instagram yang bakal muncul ketika caption yang pengguna ketikkan mengandung kata-kata berbau negatif.KOMPAS.com/Bill Clinten Jendela peringatan Caption Warning di Instagram yang bakal muncul ketika caption yang pengguna ketikkan mengandung kata-kata berbau negatif.

Di jendela pop-up ini, pengguna bakal disodorkan dengan tiga pilihan, yaitu "Edit Caption", "Learn More", dan "Share Anyway".

Pengguna bisa memilih "Edit Caption" untuk mengubah caption foto mereka, lalu "Learn More" untuk mengetahui alasan mengapa caption itu dilarang, dan "Share Anyway" untuk mengabaikan peringatan ini dan tetap mengunggah caption negatif tersebut. 

Baca juga: Alasan Lain di Balik Disembunyikannya Jumlah Like di Instagram

Sayangnya, ketika KompasTekno mencoba memasukkan beragam kata negatif dalam bahasa Indonesia, Instagram tidak memberikan peringatan sama sekali dan langsung mengunggah postingan berikut caption yang kurang baik tersebut.

Artinya, fitur ini belum mendukung penggunaan bahasa Indonesia.

Bukan kali ini saja Instagram meluncurkan fitur guna mencegah aktivitas perundungan pada platformnya.

Sebelumnya, perusahaan yang diakuisisi Facebook pada 2012 ini juga menghadirkan fitur serupa bernama "Restrict".

Baca juga: Cara Memasukkan Link ke Bio Instagram Lewat Desktop dan Mobile

Dirangkum KompasTekno dari Telegraph.co.uk, Selasa (17/12/2019) fitur tersebut bisa mencegah pengguna Instagram lain untuk menuliskan kalimat kasar dan menyerang pada kolom komentar.

Fitur ini juga memungkinkan komentar di sebuah postingan Instagram hanya dilihat oleh pemilik postingan, dan pemberi komentar saja.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Telegraph
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X