Instagram Buramkan Foto Hoaks Sebelum Dilihat Pengguna

Kompas.com - 18/12/2019, 07:04 WIB
Logo Instagram. KOMPAS.com/Bill ClintenLogo Instagram.

KOMPAS.com - Instagram kini bisa tangkis berita hoaks. Setelah sebelumnya meluncurkan fitur untuk mencegah perundungan (bullying), Instagram menghadirkan fitur untuk menyaring informasi palsu yang beredar di internet.

Foto yang ditengarai berbau hoaks akan diburamkan oleh Instagram, sebelum dilihat pengguna. Terdapat tombol  "See why" di postingan, yang dapat diklik untuk mengetahui alasan mengapa konten tersebut ditandai sebagai hoaks.

Bukan hanya di linimasa saja, konten yang mengandung informasi hoaks pun akan diburamkan di halaman "hashtag" dan "explore". Selain itu konten tersebut tidak dapat disebarkan (share) ke platform lain, terutama ke Facebook.

Baca juga: Cara Memasukkan Link ke Bio Instagram Lewat Desktop dan Mobile

Instagram punya fitur penanda konten palsu (hoaks)Instagram Instagram punya fitur penanda konten palsu (hoaks)
Meski demikian, pengguna tetap bisa melihat foto aslinya jika ingin mengetahuikonten hoaks yang dimaksud. Terdapat tombol "See Post" kecil untuk melihat foto yang diburamkan, di bagian bawah postingan.

Instagram bisa mengetahui foto hoaks dengan mengandalkan teknologi image matching. Teknologi image matching dapat mendeteksi foto di berita yang telah ditandai sebagai hoaks. Jadi, berita yang serupa dapat langsung diredam dan dieksekusi.

Meski dianggap positif oleh kalangan masyarakat, fitur ini masih belum dapat menyaring informasi hoaks secara menyeluruh.

Baca juga: Instagram Mulai Terapkan Kebijakan Batas Usia Pengguna

Untuk ke depannya, dikutip KompasTekno dari Omnicore, Rabu (18/12/2019), Instagram juga berencana untuk menanyakan usia para pengguna baru, agar anak-anak tidak dapat dengan mudah mengakses Instagram.

Saat ini Instagram merupakan media sosial yang populer digunakan, termasuk di Indonesia. Sebanyak 31 persen pengguna internet berusia 18 sampai 24 tahun telah menggunakan Instagram.

Dengan hadirnya fitur anti-hoaks, konten yang mengandung informasi palsu akan dapat langsung disaring.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.