Begini Cara Menyalin Teks di PlayStation 4 Lewat "Controller"

Kompas.com - 18/12/2019, 19:45 WIB
Ilustrasi Controller PS4 PCWorldIlustrasi Controller PS4

KOMPAS.com - Selain untuk bermain video game, konsol PlayStation 4 ( PS4) juga dapat digunakan sebagai media komunikasi di jagat maya. Pengguna PlayStation 4 bisa saling berinteraksi dan berkirim pesan teks.

Meski tidak dirancang untuk berkirim pesan, pengguna PS4 dapat mengetik pesan yang akan dikirimkan menggunakan controller DualShock 4.

Walaupun tidak senyaman menggunakan keyboard fisik, kemampuan controller DualShock 4 kini semakin disempurnakan dengan adanya sejumlah fungsi.

Sony juga telah menyempurnakan controller ini dengan beragam fitur, salah satunya adalah motion control.

Berkat hadirnya fitur motion control pada PS4, pengguna dapat mengetikkan teks dengan lebih cepat saat menggunakan DualShock 4.

Baca juga: Game PES 2020 Versi Gratis Dirilis untuk PS4, Xbox One, dan PC

Sony juga telah memprogram controller tersebut dengan sejumlah fungsi dasar untuk mengetik, salah satunya adalah fungsi menyalin tulisan alias copy-paste.

Meski bukan kemampuan besar, fungsi copy-paste sangat berguna untuk mempercepat proses pengetikan.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah mudah dan cepat untuk menyalin teks alias copy-paste pada konsol PS4 sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Rabu (18/12/2019):

1. Nyalakan konsol PS4 Anda.

2. Buka fitur untuk mengakses chat (apa saja) dan pindahkan kursor pada awal teks yang ingin Anda salin. Kemudian tekan tombol dengan ikon tiga titik (...) yang terletak di bawah tombol "Space".

Ilustrasi opsi (...) pada layar teks PS4Business Insider Ilustrasi opsi (...) pada layar teks PS4

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X