Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mematikan Pelacakan Lokasi Facebook untuk Menjaga Privasi

Kompas.com - 19/12/2019, 18:35 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini telah banyak aplikasi yang dapat melacak lokasi Anda. Biasanya ketika Anda memasang aplikasi baru, aplikasi tersebut akan meminta izin untuk menghidupkan fitur "location".

Dengan hidupnya fitur tersebut, data lokasi Anda tentu akan diketahui oleh aplikasi dan digunakan untuk keperluan tertentu, misalnya menyodorkan iklan, tagging lokasifoto, atau memberitahu siapa saja pengguna lainnya yang berada di sekitar.

Baca juga: Hard Disk Berisi Data Gaji Karyawan Facebook Dicuri

Facebook merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi yang dapat melacak lokasi Anda. Namun, demi alasan privasi, Anda dapat menonaktifkan fitur "location" pada aplikasi Facebook dari ponsel Anda. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

Mematikan pelacakan lokasi Facebook di Android

Pertama-tama, buka aplikasi Facebook, lalu masuk ke akun Anda dan tekan tombol menu bergambar tiga garis horizontal di pojok kanan atas layar. Di jendela yang muncul, gulir ke bawah, pilih "Settings and Privacy", lalu "Settings".

Di sini akan ditampilkan sub-menu "Privacy" seperti pada gambar di bawah. Selanjutnya pilih "Location", lalu "Location Access".

Ilustrasi Menu untuk menonaktifkan lokasi pada FacebookKOMPAS.com/ KEVIN RIZKY PRATAMA Ilustrasi Menu untuk menonaktifkan lokasi pada Facebook

Pada menu "Location Access" terdapat 2 menu yakni "Location services" dan "Background location". Jika Anda ingin Facebook berhenti melacak lokasi Anda saat sedang tidak dijalankan, maka cukup matikan slider "Background Location".

Ilustrasi location permissions pada FacebookKOMPAS.com/ KEVIN RIZKY PRATAMA Ilustrasi location permissions pada Facebook

 

9. Anda juga dapat menonaktifkan pelacakan lokasi secara total pada Facebook dengan mematikan "Location services".

Baca juga: Google dan Facebook Tidak Lagi Jadi Tempat Kerja Idaman

Apabila opsi ini yang dipilih, maka akan muncul sebuah pop-up yang mengantarkan Anda ke pengaturan aplikasi Facebook di Android. Cukup tekan tombol "App Permissions" dan nonaktifkan opsi location.

Mematikan pelacakan lokasi Facebook di Android di iOS

Melalui aplikasi Facebook, tekan tombol menu pada layar. Gulir kebawah hingga Anda menemukan menu "Settings and Privacy", pilih "Settings". Gulir kembali hingga menemukan "Location" di bawah "Privacy". Pilih "Location Services" lalu "Location".

Ilustrasi menu lokasi Facebook versi iOSBusiness Insider Ilustrasi menu lokasi Facebook versi iOS

Di sini,  pilih opsi "Never" untuk mematikan pelacakan lokasi secara total. Atau Anda bisa memilih opsi "While Using the App" untuk mengaktifkan lokasi hanya ketika aplikasi Facebook sedang berjalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com