Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menguji Kecepatan Internet Telkomsel di Tol Layang Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 20/12/2019, 13:03 WIB
Reska K. Nistanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang momen libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, pperator seluler Telkomsel menggelar uji jaringan di jalan tol layang (elevated) Jakarta-Cikampek.

Dalam pengujian yang dilakukan KompasTekno menggunakan aplikasi nPerf, sinyal yang didapat di sepanjang tol layang Jakarta-Cikampek adalah 4G dan 4G Plus.

Untuk download, kecepatan yang didapat antara 10 hingga 40 Mbps, sementara upload berkisar di angka 20-an Mbps.

Baca juga: Telkomsel Masih Jadi yang Terkencang, Smartfren Unggul di Ketersediaan 4G

Pengalaman streaming seperti YouTube dan Spotify terasa lancar. Video YouTube kualitas Full HD (1080p) bisa diputa dengan lancar tanpa buffering di awal.

Kualitas layanan data, khususnya streaming, memang menjadi fokus Telkomsel pada tahun ini. Sebab, kenaikan akses layanan data pada akhir tahun 2019 diprediksi bakal mencapai 51 persen dibanding momen Natal dan Tahun Baru 2018.

Sementara jika dibandingkan dengan trafik data harian, kenaikan layanan data diprediksi mengalami peningkatan 26,34 persen.

"Tren pertumbuhan trafik data Telkomsel diprediksi akan kembali berlanjut pada musim liburan akhir tahun ini," ujar Direktur Network Telkomsel, Iskriono Windiarjanto, usai uji jaringan di tol layang Jakarta-Cikampek, Jumat (20/12/2019).

Baca juga: Paket Data Khusus Pelajar dari Telkomsel, 3 GB Rp 25.000

Menurut Telkomsel, jenis layanan video streaming dan media sosial memberi kontribusi besar terhadap akses layanan data. Kontribusu akses YouTube disebut mencapai 22,9 persen, lalu Facebook 22,3 persen.

Sisanya, kontribusi trafik data berasal dari WhatsApp (14,8 persen), Instagram (13,3 persen), dan browsing atau pencarian di internet (7,9 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com