Sony Luncurkan Aksesori "Tombol Belakang" untuk Controller PS4

Kompas.com - 20/12/2019, 17:52 WIB
Ilustrasi Dualshock 4 Back Button yang sedang dipasang PicasaIlustrasi Dualshock 4 Back Button yang sedang dipasang
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Sony meluncurkan sebuah aksesori untuk ekosistem konsol game PlayStation 4 ( PS4), yakni "Dualshock 4 Back Button" alias tombol belakang untuk dipasang di controller tersebut.

Seperti namanya, aksesori ini bisa ditempelkan di bagian belakang joystick PS4 lewat port di bagian bawah controller. Pengguna pun memiliki tombol ekstra yang bisa dipencet menggunakan jari manis atau jari tengah ketika joystick PS4 digenggam.

Dualshock 4 Back Button dibekali dengan tiga tombol, terdiri dari dua tombol memanjang di sisi kiri dan kanan, dan satu tombol berupa layar OLED berbentuk elips.

Baca juga: Game PES 2020 Versi Gratis Dirilis untuk PS4, Xbox One, dan PC

Masing-masing tombol kiri dan kanan bisa dimanfaatkan pengguna sebagai pengganti tombol yang sudah ada di controller PS4, dengan cara memindahkan fungsinya (mapping).

Kemudian tombol berlayar OLED mampu menampilkan fungsi kedua tombol yang sudah diatur tadi, berikut informasi profil tombol yang sedang digunakan.

Pengguna bisa menyimpan konfigurasi tombol yang telah mereka atur dalam tiga profil tombol (P1, P2, dan P3). Profil yang tersimpan bisa dipanggil dengan cara menekan layar tersebut.

Misalnya, pengguna bisa mengatur P1 untuk tombol bermain mobil (dengan fungsi tombol "silang" dan "segitiga") atau P2 untuk bermain bola (dengan fungsi tombol "L1" dan "R1"), dan sebagainya.

Baca juga: Godfall Resmi Jadi Game PS5 Pertama, Kapan Meluncur?

Selain tombol, Dualshock 4 Back Button juga dibekali dengan port audio 3,5 mm sehingga para pemain bisa tetap menggunakan earphone mereka tanpa harus melepas aksesori ini.

Perangkat Dualshock 4 Back Button ini bakal dijual Sony di AS mulai 23 Januari 2020 mendatang dengan banderol harga 30 dollar AS atau sekitar Rp 420.000, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Jumat (20/12/2019).



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X