Antisipasi Liburan, Telkomsel Tambah BTS di Tol Layang Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 21/12/2019, 15:17 WIB
Iring-iringan kendaraan yang membawa Presiden Joko Widodo melintasi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek usai diresmikan di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019). Jalan tol tersebut akan dibuka untuk mendukung arus lalu lintas libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAYIring-iringan kendaraan yang membawa Presiden Joko Widodo melintasi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek usai diresmikan di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019). Jalan tol tersebut akan dibuka untuk mendukung arus lalu lintas libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.
|
Editor Oik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan dioperasikannya tol Jakarta-Cikampek II ( Tol layang Japek II), menjelang momen liburan Natal dan Tahun Baru, operator seluler Telkomsel melakukan antisipasi lonjakan trafik di ruas tol layang tersebut.

Ada 67 unit BTS 4G LTE yang ditambahkan oleh Telkomsel di sepanjang tol layang Jakarta-Cikampek II.

Sebelumnya, telah ada 104 BTS di sepanjang jalur antara Cikunir-Karawang Timur sepanjang 36 km, yang terdiri atas 84 BTS 2G, 101 BTS 3G, dan 104 BTS 4G.

VP Network Operation Quality Management Telkomsel Jabotabek Jabar, Awal R Chalik.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto VP Network Operation Quality Management Telkomsel Jabotabek Jabar, Awal R Chalik.
Dengan demikian, total kini ada 171 BTS Telkomsel yang menyediakan sinyal seluler di sepanjang tol layang Jakarta-Cikampek. Rangkaian BTS tersebut dipasang di menara yang jaraknya terpisah 1-2 km per menara.

Baca juga: Menguji Kecepatan Internet Telkomsel di Tol Layang Jakarta-Cikampek

Selain itu, Telkomsel juga melakukan penambahan (upgrade) kapasitas bandwidth 4G LTE di 99 BTS miliknya.

"Kami memastikan pelanggan mendapatkan 100 persen seamless layanan telekomunikasi di tol Japek, sehingga bisa streaming hingga main game (online)," terang VP Network Operation Quality Management Telkomsel Jabotabek Jabar, Awal R. Chalik di Karawang, Jumat (21/12/2019).

Dalam pengujian yang dilakukan KompasTekno menggunakan aplikasi nPerf, sinyal yang didapat di sepanjang tol layang Jakarta-Cikampek adalah 4G dan 4G Plus.

Untuk download, kecepatan yang didapat antara 10 hingga 40 Mbps, sementara upload berkisar di angka 20-an Mbps.

Baca juga: Telkomsel Siagakan 82 BTS Mobile Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Pengalaman streaming seperti YouTube dan Spotify terasa lancar. Video YouTube kualitas Full HD (1080p) bisa diputae dengan lancar tanpa buffering di awal.

Kualitas layanan data, khususnya streaming, memang menjadi fokus Telkomsel pada tahun ini. Sebab, kenaikan akses layanan data pada akhir tahun 2019 diprediksi bakal mencapai 51 persen dibanding momen Natal dan Tahun Baru 2018.

Sementara jika dibandingkan dengan trafik data harian, kenaikan layanan data diprediksi mengalami peningkatan 26,34 persen.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X