Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan Filter Wajah untuk Mempercantik Konten Instagram Stories

Kompas.com - 23/12/2019, 09:20 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram Stories saat ini menjadi salah satu fitur di Instagram yang diminati oleh banyak pengguna.

Lewat fitur ini, pengguna bisa mengunggah foto maupun video pendek yang akan hilang secara otomatis setelah 24 jam.

Instagram Stories juga menyediakan sejumlah efek dan filter tertentu untuk mempercantik foto dan video yang akan diunggah pengguna.

Sejak Mei 2019 lalu, Instagram juga memberikan program kepada para kreator untuk membuat filter-filter wajah yang unik untuk para followers-nya.

Filter tersebut tersedia secara gratis dan dapat digunakan dengan mudah untuk meningkatkan engagement pada unggahan yang dibuat pengguna.

Lantas bagaimana cara menggunakan filter pada Instagram Stories?

Filter-filter tersebut dapat digunakan dengan sangat mudah. Caranya, pengguna cukup memilih opsi untuk untuk mengunggah sebuah Story lewat tombol bergambar kamera pada pojok kiri atas.

Setelah itu, untuk mulai menggunakan filter, pengguna cukup menggulirkan layar ke sebelah kanan dan pengguna akan menemukan sejumlah filter untuk digunakan.

Baca juga: Stiker dan Filter Instagram yang Paling Digemari Sepanjang 2019

Di sana, pengguna bisa memilih salah satu dari sejumlah filter bawaan yang tersedia di Instagram seperti Golden Glitter, Blossom, atau Heart Eyes. 

Filter ini tersedia dan dapat digunakan lewat tombol lingkaran di bagian bawah, yang juga berfungsi sebagai tombol shutter.

Efek Instagram yang dibuat oleh para kreator, Anda dapat menemukannya dan menggunakannya di InstagramKompas.com/Putri Zakia Salsabila Efek Instagram yang dibuat oleh para kreator, Anda dapat menemukannya dan menggunakannya di Instagram
Jika layar terus digulirkan ke kanan, pengguna akan menemukan menu browse effect untuk pilihan efek dan filter yang lebih banyak.

Dari pantauan KompasTekno, Senin (23/12/2019) ada sejumlah tema yang bisa dipilih di sana, seperti love, sci-fi & fantasy, animals, dan lain lain.

Untuk menggunakannya, pengguna cukup memiilih efek atau filter yang diinginkan, kemudian tekan tombol "try it" untuk mencoba.

Pengguna juga bisa menyimpan filter tersebut di halaman muka Instagram masing-masing agar dapat diakses dengan lebih cepat.

Baca juga: Cara Bikin Kolase Foto di Instagram Story

Setelah digunakan, pengguna juga bisa menyimpan foto atau video yang telah dibuat menggunakan filter tersebut.

Caranya, cukup tekan tombol dengan ikon tanda panah ke bawah pada bagian atas. Secara otomatis, video atau foto tersebut akan tersimpan ke dalam galeri internal ponsel.

Selain itu, agar lebih up to date dengan filter filter terbaru di Instagram, pengguna juga bisa mengikuti akun dari filter tersebut.

Dengan demikian ketika sang kreator membuat filter baru, filter tersebut secara otomatis akan muncul halaman depan pengguna.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com