Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Kelas Menengah Oppo A91 dan Oppo A8 Resmi Diperkenalkan

Kompas.com - 23/12/2019, 12:32 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Oppo resmi meluncurkan dua ponsel teranyarnya, yakni Oppo A91 dan A8 di negara asalnya, China.

Seperti namanya, kedua ponsel ini merupakan ponsel A series dari Oppo yang bakal mengisi segmen smartphone kelas menengah.

Meski sama-sama masuk dalam A series, kedua ponsel ini memiliki desain dan spesifikasi yang cukup berbeda. Kendati demikian, keduanya dibekai dengan chipset besutan MediaTek.

Oppo A91 memiliki layar dengan panel AMOLED berikuran 6,4 inci. Layar ini mampu menampilkan gambar dengan  resolusi FullHD+ serta memiliki rasio 20:9.

Bagian atas layar dihiasi dengan poni ala tetesan air (waterdrop notch) yang memuat kamera selfie sebesar 16 megapiksel.

Pada bagian punggung Oppo A91, ada sebanyak empat kamera terpatri di bagian kiri. Keempat kamera tersebut disusun secara vertikal dalam sebuah wadah.

Kamera Oppo A91 terdiri dari kamera utama 48 megapiksel, kamera ultrawide 8 megapiksel, kamera makro 2 megapiksel, dan kamera depth sensor 2 megapiksel.

Di balik dapur pacu, ponsel ini ditenagai chipset Mediatek Helio P70 yang dipadu dengan RAM 8 GB dan storage 128 GB. Oppo A91 memiliki baterai 4.000 mAh dengan pengisi daya cepat VOOC 3.0.

Baca juga: Ini Dia, Ponsel Oppo dengan Kamera Depan yang Ditanam di Layar

Fitur lainnya mencakup pemindai sidik jari (fingerprint) yang sudah ditanamkan di dalam layar, berikut sistem operasi Android Pie 9 yang dilapis sistem antarmuka (UI) ala Oppo, ColorOS 6.1.

Oppo A8.GSMArena Oppo A8.
Berbeda dengan Oppo A91, Oppo A8 memiliki dimensi layar yang sedikit lebih besar, yakni 6,5 inci. Namun resolusinya sedikit lebih rendah yakni HD Plus dengan panel layar IPS.

Oppo A8 juga punya poni waterdrop yang menampung kamera 8 megapiksel guna berswafoto ria.

Pada bagian belakangnya, Oppo A8 memiliki sebanyak tiga kamera yang juga disusun vertikal di bagian sisi kiri.

Masing-masing kamera tersebut beresolusi 12 megapiksel, kamera makro 2 megapiksel, dan kamera depth sensor 2 megapiksel.

Perbedaan lain antara Oppo A91 dengan Oppo A8 adalah pada sektor keamanan. Oppo A8 masih menempatkan pemindai sidik jari pada bagian belakang ponsel.

Untuk urusan hardware, ponsel ini dipersenjatai dengan chipset Mediatek Helio P35, berikut RAM 4 GB, dan media penyimpanan 128 GB.

Baca juga: Oppo Reno3 Pro Bakal Punya Punch Hole dan Antena 360 Derajat

Oppo A8 memiliki baterai dengan kapasitas yang sedikit lebih besar dari Oppo A91 yakni 4.230 mAh. Sayangnya kemampuan pengisi daya cepat tidak hadir pada ponsel ini.

Sama seperti Oppo A91, Oppo A8 turut dibekali sistem operasi Android Pie 9 dibalut dengan UI ColorOS 6.1.

Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Senin (23/12/2019), Oppo A91 dijual dengan harga 1.999 Yuan atau sekitar Rp 3,9 juta. Sementara Oppo A8 dibanderol dengan harga 1.199 Yuan atau sekitar Rp 2,4 juta.

Kendati demikian belum ada informasi apakah kedua ponsel seri A dari Oppo ini bakal dipasarkan di Tanah Air atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com