Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Pusat TikTok Akan Dibangun di Luar China

Kompas.com - 28/12/2019, 14:06 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber WCCF Tech

KOMPAS.com - TikTok berencana membuka kantor operasional global di luar China. Hal itu dilakukan untuk menghilangkan stigma negatif TikTok, karena dimiliki oleh perusahaan teknologi China, Bytedance.

Ada beberapa negara yang menjadi kandidat kuat lokasi kantor pusat TikTok, yakni Dublin (Irlandia), London (Inggris), atau Singapura.

Pemindahan kantor global juga diharapkan dapat mendekatkan TikTok dengan negara di mana layanannya berkembang, yaitu di Asia Tenggara, Eropa, serta Amerika Serikat.

Baca juga: TikTok Bantah Tudingan Jadi Mata-mata China

TikTok saat ini memang populer di kalangan remaja Amerika Serikat. Namun aplikasi video pendek itu mendapat sorotan dari regulator AS, dan anggota parlemen dalam beberapa bulan terakhir ini.

Seperti diberitakan, TikTok mendapat tudingan mengirimkan data penggunanya tanpa izin. Otoritas di sejumlah negara lain juga mengkhawatirkan data pengguna warga negaranya bakal dimanfaatkan oleh badan intelijen China.

Dikutip KompasTekno dari WCCF Tech, Sabtu (28/12/2019), TikTok juga dianggap membawa ancamanan keamanan siber oleh Amerika Serikat, sehingga anggota parlemen Amerika Serikat terus mengawasi TikTok demi keamanan nasional.

Baca juga: Angkatan Laut Amerika Serikat Dilarang Gunakan TikTok

Sebelumnya, Angkatan laut Amerika Serikat (US Navy) telah melarang pasukannya menggunakan aplikasi berbagi video asal China, salah satunya adalah TikTok.

Meskipun TikTok dimiliki oleh ByteDance Cina, TikTok masih belum memiliki kantor pusat, dan hanya memiliki kantor utama yang berlokasi di Los Angeles, AS. TikTok juga memiliki anak perusahaan di Irlandia, TikTok Technology Ltd, tahun lalu.

Hingga kini, TikTok mengklaim telah diinstal hampir 1,5 miliar kali sejak diluncurkan pada 2017. Unduhan global untuk aplikasi melampaui Instagram dan Snapchat tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WCCF Tech
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com