Cara Menonaktifkan Sementara dan Menghapus Permanen Akun Instagram

Kompas.com - 30/12/2019, 19:58 WIB
Tampilan Instagram dengan mode gelap. KOMPAS.com/Bill ClintenTampilan Instagram dengan mode gelap.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, bermain jejaring sosial seperti Instagram dapat menjadi sebuah candu. Jika sudah kecanduan, tentu hal tersebut akan memberikan dampak negatif bagi pengguna.

Untuk menghindari hal tersebut, Instagram bahkan meluncurkan fitur "Your Activity" agar pengguna bisa memantau pemakaian harian di platform. Namun fitur tersebut hanya digunakan sebagai pengingat, bukan sebagai pembatas.

Kendati demikian, jika seorang pengguna Instagram merasa lelah dengan aktivitasnya di media sosial tersebut, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama adalah rehat sejenak dengan menonaktifkan akun sementara, atau dengan menghapus akun secara permanen.

Jika Anda memilih menonaktifkan akun Instagram, artinya Anda akan bisa kembali mengaktifkannya. Saat akun Anda hiatus, para followers Instagram Anda tidak akan bisa melihat linimasa (timeline), atau mencari akun Anda.

Meski begitu, beberapa informasi masih bisa terlihat oleh teman, seperti pesan yang dikirim.
Instagram juga akan tetap menyimpan informasi akun Anda, termasuk daftar followers dan foto yang terpampang di feed jikalau Anda mengaktifkannya kembali.

Kemudian jika memilih untuk menghapus akun, Instagram benar-benar akan melenyapkan seluruh data dan foto Anda yang tersimpan di Instagram secara permanen. Artinya, akun Anda tidak bisa dipulihkan kembali.

Berikut ini adalah cara untuk menonaktifkan dan menghapus akun Instagram.

Cara menonaktifkan sementara akun Instagram

Pertama-tama, buka situs Instagram.com di peramban mobile atau desktop dan masuk menggunakan akun Instagram yang ingin dinonaktifkan.

Kemudian, pilih tab "Profile" yang berada di pojok kanan bawah situs dan ketuk "Edit Profile". Setelah itu, gulir tampilan hingga ke bagian paling bawah dan klik teks "Temporarily disable my account".

Langkah menonaktifkan akun Instagram.KOMPAS.com/Bill Clinten Langkah menonaktifkan akun Instagram.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X