Sony Patenkan "Controller" PlayStation dengan Dua Tombol Belakang

Kompas.com - 31/12/2019, 08:17 WIB
Ilustrasi Controller PS4 PCWorldIlustrasi Controller PS4
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, desain controller yang diduga untuk konsol PS5 terkuak di dunia maya melalui dokumen paten.

Kini, ada sebuah paten lain yang juga memampang desain controller bikinan Sony teranyar, namun belum jelas apakah perangkat tersebut dirancang untuk PS5 atau bukan.

Adapun paten yang menggambarkan desain controller tersebut telah dirilis oleh kantor paten dunia (WIPO) pada 26 Desember kemarin di situsnya.

Baca juga: Penampakan Nyata PlayStation 5 dan Controller Barunya

Jika dilihat sekilas, rancangan controller baru yang tertuang di dalam dokumen paten ini lagi-lagi identik dengan controller PS4.

Hanya saja, perangkat tersebut kini tampak dibekali dengan dua tombol yang menempel di sisi belakang controller, sebagaimana ditandai oleh nomor "31b" di gambar ilustrasi berikut.

Gambar controller baru Sony yang dipatenkan oleh WIPO.Polygon Gambar controller baru Sony yang dipatenkan oleh WIPO.

Konon, kedua tombol tersebut fungsinya mirip dengan aksesoris "Dualshock 4 Back Button" yang didesain untuk controller PS4, yakni sebagai pengganti tombol yang sudah ada di controller dengan cara memindahkan fungsinya (re-mapping).

Perbedaan lain terlihat di absennya tombol berhiaskan logo "PlayStation" yang sebelumnya berada di bawah lubang speaker.

Terlepas dari itu, aneka tombol dan komponen yang menghiasi controller baru ini, seperti port micro USB, serupa dengan controller PS4.

Baca juga: Begini Cara Menyalin Teks di PlayStation 4 Lewat Controller

Meski begitu, controller PS5 sendiri, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Polygon, Selasa (31/12/2019), diyakini bakal dibekali dengan port USB-C.

Dengan kata lain, belum bisa dipastikan apakah desain controller Sony terbaru ini bakal terwujud menjadi sebuah produk atau tidak, terlebih untuk menemani konsol PS5 yang rencananya bakal meluncur di penghujung 2020. Kita tunggu saja.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Polygon
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X