Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghapus atau Menyimpan Stories di Instagram

Kompas.com - 31/12/2019, 15:02 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna setia jejaring sosial Instagram pasti sudah akrab dengan fitur Stories yang kerap digunakan untuk berbagi gambar atau video pendek berisi momen sehari-hari.

Konten dalam Stories akan terhapus secara otomatis dalam waktu 24 jam setelah diunggah. Namun, berbeda dari linimasa utama Instagram, konten yang diunggah lewat Instagram Stories tidak bisa diedit.

Pengguna hanya bisa menghapus dan mengunggahnya kembali jika misalnya ada kesalahan setelah Stories diunggah. Lantas, bagaimana cara menghapus konten yang telah diunggah di Instagram Stories?

Baca juga: Cara Menggunakan Filter Wajah untuk Mempercantik Konten Instagram Stories

Pertama-tama, pengguna tentu harus memiliki akun Instagram dan mengunggah setidaknya satu Stories. Lalu, klik avatar akun yang berbentuk longkaran yang bisa ditemui di tab "Home" atau "Profile" di aplikasi atau situs Instagram.

Beberapa saat kemudian, pengguna bakal disodori aneka Stories yang sebelumnya sudah diunggah, mulai dari yang terlama hingga terbaru, dalam 24 jam terakhir.

Cara menghapus konten Instagram Stories.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara menghapus konten Instagram Stories.

Pilih Stories yang ingin dihapus dengan meng-klik pilihan "More" yang diwakili oleh ikon tiga titik di pojok kanan bawah layar, lalu pilih "delete" di jendela pop-up yang muncul sebanyak dua kali.

Cara menyimpan unggahan Instagram Stories

Selain menghapus, pengguna juga bisa menyimpan konten Instagram Stories yang sudah diunggah. 

Hal ini berguna jika pengguna ingin mengunggah isi Stories yang sama namun hanya ingin menambahkan sesuatu, misalnya seperti teks atau stiker tambahan. 

Baca juga: Pengguna Instagram Kini Bisa Bikin Kolase Foto di Stories

Nah, untuk menyimpannya, pertama-tama pengguna bisa mengunjungi Instagram Stories dengan mengetuk avatar akun Instagram di tampilan "Home" atau "Profile" terlebih dahulu.

Jika sudah, pilih ikon "More" dan klik menu "Save Photo" untuk menyimpan Stories tersebut, sebagaimana ditunjukkan oleh penanda persegi panjang berwarna merah di gambar berikut.  

Cara menyimpan konten Instagram Stories.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara menyimpan konten Instagram Stories.

Pengguna bisa menemukan Stories yang telah disimpan di galeri ponsel masing-masing, dengan folder bernama Instagram

Jika ditelusuri menggunakan aplikasi file manager, Stories dengan format video bakal disimpan di folder Movies > Instagram, kemudian format gambar akan disimpan di folder Pictures > Instagram.

Tak hanya menyimpan di memori ponsel, pengguna juga bisa mengabadikan Stories lewat fitur "Highlight".

Seperti namanya, Stories yang disimpan menggunakan fitur ini nantinya bakal terpampang di tab "Profile" pada akun Instagram dan tak akan lenyap meski telah 24 jam diunggah. 

Baca juga: Tampilan Kamera Instagram Stories Dirombak Supaya Lebih Mudah

Untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna cukup mengetuk ikon "Highlight" yang berada tepat di sebelah kiri ikon "More" di Stories yang sedang dilihat.

Lalu, pilih album highlight yang sudah dibuat atau pilih ikon "New" untuk membuat album baru. Album di sini berfungsi untuk menampung Stories yang ingin disimpan.  

Penggunaan fitur "Highlight" sendiri bisa dipantau pada gambar di atas dengan penanda persegi panjang berwarna kuning.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com