Spotify Premium Vs YouTube Music, Siapa yang Lebih Menarik?

Kompas.com - 31/12/2019, 16:14 WIB
Spotify Vs YouTube Music Kompas.com/Wahyunanda Kusuma PSpotify Vs YouTube Music

KOMPAS.com - Platform penyedia layanan streaming musikkinisemakin bervariasi. Di Indonesia, ada sejumlah layanan yang populer digunakan seperti JOOX atau Spotify.

Para pengguna smartphone pun kini mulai beralih dari mendengarkan lagu secara offline menjadi online lewat layanan-layanan tersebut.

Melihat potensi ini, Google pun tak mau kalah. Google mulai merambah pasar streaming musik dengan meluncurkan YouTube Music.

Sebagaimana Spotify, YouTube Music juga bisa digunakan oleh perangkat iOS maupun Android.

Baca juga: Demi YouTube Music, Layanan Google Play Music Dipensiunkan

Sebagai pendatang baru di dunia music streaming, YouTube Music menawarkan beberapa fitur yang tak kalah menarik dibanding Spotify.

Apabila dibandingkan, ada beberapa fitur unik di Spotify yang tidak ditemukan di YouTube Music, begitu pula sebaliknya. 

KompasTekno pun mencoba membandingkan pengalaman menggunakan kedua platform ini dengan berlangganan secara premium.

Tentu saja, soal mana yang lebih menarik, Anda yang menentukan. Lantas, apa saja perbedaanya?

Paket langganan

Sebelum membandingkan pengalaman mendengarkan musik melalui Spotify dan YouTube Music, ada baiknya mengetahui berapa biaya berlangganan premiumnya.

Sebab, fitur yang tersedia di paket premium lebih banyak dibanding berlangganan secara gratis atau disubsidi iklan.

Benefit berlangganan premium di kedua platform hampir sama secara garis besar yakni tidak ada iklan yang menjeda pemutaran otomatis dan mengunduh lagu agar bisa diputar secara offline.

Paket berlangganan keduanya juga hampir sama. Baik Spotify maupun YouTube Music memiliki paket reguler, pelajar, dan keluarga.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X