Hujan dan Banjir, Sinyal Operator Seluler di Jakarta Alami Gangguan

Kompas.com - 01/01/2020, 12:51 WIB
Ilustrasi sinyal ponsel buruk shutterstockIlustrasi sinyal ponsel buruk

KOMPAS.com - Momen pergantian tahun 2020 diwarnai hujan lebat sejak Selasa (31/12/2019) sore yang berujung pada banjir di sejumlah wilayah Jakarta dan kota sekitarnya.

Tagar # Banjir pun menjadi trending di jagar Twitter wilayah Indonesia. Sebagian warganet yang berdomisili di Jakarta ikut mengeluhkan bahwa layanan operator-operator seluler mengalami hambatan.

Baca juga: Follow Akun Twitter Ini untuk Pantau Banjir Jakarta

Jenis gangguan yang dilaporkan mulai dari kecepatan internet yang lambat hingga sinyal yang menghilang sama sekali.

Melalui keterangan tertulisnya kepada KompasTekno, Rabu (1/1/2019), Head of External Communication XL Axiata Henry Wijayanto menerangkan bahwa gangguan sinyal disebabkan oleh BTS yang pasokan listriknya terputus akibat banjir.

"Saat ini tim teknis kami di lapangan masih berupaya untuk melakukan upaya penyediaan supply listrik melalui genset untuk memastikan beberapa BTS yang terdampak tersebut bisa tetap beroperasi,” ujar Henry.

Baca juga: Pemadaman Listrik karena Banjir di Jakarta Bisa Dipantau di Situs Ini

Gangguan serupa dialami oleh operator-operator lain di area Jadetabek, termasuk Telkomsel dan Indosat.

Lewat keterangannya, GM External Corporate Communications Telkomsel Aldin Hasyim mengatakan Telkomsel tengah melakukan inventaris jumlah perangkat jaringan yang terdampak.

"Kami sedang mengoptimalkan seluruh perangkat pendukung untuk menstabilkan pasokan listrik ke seluruh titik alat produksi Telkomsel, seperti perangkat baterai dan mobile back up power/mobile genset sudah disiagakan secara maksimal di seluruh titik," ujar Aldin.

Indosat Ooredoo turut menerangkan bahwa beberapa BTS di Jabodetabek terimbas gangguan listrik karena banjir. "Kami masih terus berupaya sesegera mungkin memulihkan layanan kami," ujar SVP Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Turina Farouk.

Baca juga: Situs Streaming Film IndoXXI Sudah Tidak Bisa Diakses

Sementara itu, Smartfren mengatakan semua site miliknya sudah dilengkapi baterai sebagai daya cadangan sehingga pemadaman listrik diklaim tidak begitu berpengaruh terhadap kualitas layanan.

"Meski demikian, Smartfren tetap mengerahkan tim teknis dan pemantauan sejak Rabu dini jari dan tetap disiagakan untuk antisipasi situasi dan kondisi ke depan," ujar VP Technology Relations and Special Project Smartfren Munir Syahda Prabowo.

Banjir memang menyebabkan masalah pasokan listrik di Jakarta, yang antara lain berujung pada hambatan menara pemancar sinyal (BTS) operator seluler tadi.

Baca juga: Daftar Operator Seluler Tercepat untuk Streaming Video di Indonesia

Perusahaan Listrik Negara (PLN) pun melakukan pemadaman sementara aliran listrik di wilayah yang terdampak banjir demi keselamatan masyarakat agar terhindar dari bahaya arus listrik.

Hingga pukul 09.30 WIB tadi pagi, PLN telah memadamkan listrik di 724 wilayah Jakarta yang mengalami banjir, termasuk di daerah Daan Mogot, Ciledug, Pasar Baru, Jatibening, hingga Kemang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X