Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Aktifkan Safety Check untuk Banjir di Jabodetabek

Kompas.com - 02/01/2020, 06:50 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Facebook kembali mengaktifkan fitur Safety Check atau Pemeriksaan Keselamatan setelah wilayah Jakarta dan sekitarnya tergenang banjir karena terus diguyur hujan menjelang pergantian tahun 2019.

Dari pantauan KompasTekno, Safety Check untuk bencana banjir wilayah Jabodetabek mulai muncul di linimasa Facebook pada Rabu, (1/1/2020) pukul 08.46 pagi dan masih terus aktif hingga Kamis (2/1/2020) pukul 06.00 pagi ini.

"Berbagai sumber melaporkan bahwa hujan deras telah menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Jakarta. Tidak ada laporan rinci mengenai jumlah korban dan jumlah rumah yang telah terkena dampak banjir," tulis Facebook.

Pada halaman tersebut, Facebook juga mencatat bahwa wilayah yang terkena dampak banjir di Jakarta meliputi Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Gedong, Jakarta Timur, Kelapa Molek, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara, Jalan Bambu Kuning di Cengkareng Barat, dan Jakarta Barat.

Baca juga: Pemadaman Listrik karena Banjir di Jakarta Bisa Dipantau di Situs Ini

Fitur Safety Check ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memberikan informasi bahwa pengguna Facebook berada dalam keamanan aman saat terjadi sebuah bencana.

Fitur ini juga bisa digunakan untuk mengecek kondisi teman atau orang lain setelah krisis atau bencana terjadi.

Cara mengecek kondisi teman

Pengguna Facebook bisa melaporkan kondisi dirinya atau mengecek kondisi kerabatnya melalui tautan berikut ini.

Daftar teman yang berada di lokasi terdampak bencana bisa dilihat pada bagian "friends in area" yang terdapat pada sisi kiri. Kemudian, pilih kolom "All".

Dalam daftar tersebut akan muncul nama-nama rekan pengguna yang tercatat berada di lokasi kejadian.

Teman yang telah menandai dirinya aman, akan ditampilkan pada bagian "Safe".

Baca juga: Listrik Mati karena Banjir, Ini 10 Cara Menghemat Baterai Smartphone

Jika telah menandai dirinya aman, teks hijau "Marked himself safe" akan ditampilkan di bagian bawah nama pengguna. Jika belum, maka teks hitam "Not marked safe yet" akan ditampilkan.

Pengguna juga bisa mengetikkan nama akun yang ingin dicari di kolom pencarian, yang berada di pojok kanan atas. Jika nama teman di daftar belum menandai dirinya aman, belum tentu juga ia dalam kondisi bahaya.

Pengguna Facebook juga dapat mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai Pemeriksaan Keselamatan (Safety Check) melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com