Cara Cek Penutupan Jalan karena Banjir di Jakarta lewat Google Maps

Kompas.com - 02/01/2020, 08:25 WIB
GoogleMaps tayangkan informasi banjir di peta Kompas/Putri Zakia SalsabilaGoogleMaps tayangkan informasi banjir di peta

KOMPAS.com - Aplikasi peta Google Maps memberikan informasi visual penutupan beberapa jalan yang terdampak banjir di Jakarta akibat hujan pada momen pergantian tahun.

Apabila ingin mencari informasi penutupan jalan, pengguna gadget cukup membuka aplikasi Google Maps melalui ponsel. Di layar bawah aplikasi terdapat kolom bernama " Banjir di Jakarta" yang bisa ditarik ke arah atas untuk menampilkan informasi selengkapnya.

Baca juga: Follow Akun Twitter Ini untuk Pantau Banjir Jakarta

Menurut pantauan KompasTekno, Kamis (2/1/2020), dalam kolom tersebut pengguna dapat menemukan informasi penutupan jalan dan sekaligus dapat melaporkan peristiwa penutupan jalan karena banjir.

Jangan lupa, sebelum mencari informasi penutupan jalan, pengguna perlu mengubah detail peta menjadi format lalu lintas di bagian kanan atas peta.

Cara Cek Jalan yang Banjir dan Penutupan Jalan di Google MapsKOMPAS/Putri Zakia Salsabila Cara Cek Jalan yang Banjir dan Penutupan Jalan di Google Maps

Di tampilan peta, pengguna dapat melihat jalan-jalan mana saja yang dilaporkan mengalami penutupan karena banjir,

Informasi penutupan jalan pada peta diwakili simbol forbidden (dilarang masuk, verboden) berwarna merah, dan simbol peringatan berupa tanda seru berlabel kuning.

Apabila di-klik, simbol forbidden dan peringatan tadi akan menampilkan informasi lanjutan soal penutupan ruas jalan terkait, serta berapa banyak laporan yang masuk dan kapan waktu pelaporan terakhir.

Baca juga: Pemadaman Listrik karena Banjir di Jakarta Bisa Dipantau di Situs Ini

Pengguna Google Maps juga bisa memberi laporan apabila menjumpai jalanan yang ditutup dengan meng-klik tombol berbunyi "laporkan penutupan jalan".

Saat Banjir di Jakarta, Google Maps berikan Survey aktif ke pengguna untuk mengetahui dan melaporkan jalan yang tertutup.KOMPAS/Putri Zakia Salsabila Saat Banjir di Jakarta, Google Maps berikan Survey aktif ke pengguna untuk mengetahui dan melaporkan jalan yang tertutup.

Hingga berita ini dimuat, Google Maps melakukan update informasi terbarunya terkait banjir pada 2 Januari pukul 01.48 WIB.

Baca juga: Facebook Aktifkan Safety Check untuk Banjir di Jabodetabek

Selain itu, Google Maps juga mengarahkan penggunanya untuk melihat informasi terbaru yang langsung mengarah ke halaman search Google.




Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X