Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Telekomunikasi di Jabodetabek Masih Terganggu Akibat Banjir

Kompas.com - 02/01/2020, 15:03 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan operator seluler di Jakarta dan sekitarnya dilaporkan masih mengalami gangguan hingga Kamis (2/1/2020). Hal ini terjadi karena PLN masih memadamkan aliran listrik di beberapa titik di Jakarta dan sekitarnya.

Menanggapi hal ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G Plate mengatakan, layanan telekomunikasi tersebut terganggu karena back up power (cadangan daya) yang sebelumnya disediakan operator seluler hanya bertahan beberapa jam.

Beberapa operator seluler pun dilaporkan mengalami kendala saat mengakses lokasi-lokasi BTS yang mengalami down akibat banjir.

Johnny mengatakan, Kominfo masih terus melakukan monitoring terhadap jaringan telekomunikasi dan meminta operator seluler untuk melakukan pemulihan terhadap BTS yang masih down dengan menggunakan genset.

"Sehingga (layanan) dapat berfungsi kembali secara normal meskipun PLN masih memutuskan jaringan listrik dikarenakan kondisi masih belum aman," jelas Johnny dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (2/1/2020).

Hingga saat ini, beberapa operator masih mengupayakan perbaikan meski layanannya di sejumlah area masih bisa digunakan. Telkomsel melakukan distribusi mobile backup power (MBP) di beberapa titik BTS yang down.

Baca juga: Pantau dan Laporkan Banjir di Jakarta lewat Situs PetaBencana

Hal yang sama juga dilakukan operator lain. XL Axiata, Indosat Ooredo, Hutchison Tri, Smartfren, dan PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (net1), mengerahkan tim teknis untuk menyediakan genset portable.

Diberitakan sebelumnya, pada Rabu (1/1/2020), warganet mengeluhkan terjadinya gangguan layanan operataor seluler di Jakarta dan sekitarnya. Gangguan yang dialami seperti sinyal yang sering hilang dan kecepatan internet yang lambat.

Akibat banjir yang terjadi di sejumlah titik di Jakarta dan sekitarnya, PLN melakukan pemadaman arus listrik sementara pada Rabu (1/1/2020) kemarin.

Baca juga: Google Tandai Banjir di Jakarta sebagai Kejadian Darurat

PLN terpaksa memutus aliran listrik di wilayah terdampak banjir demi keselamatan masyarakat. Hingga Rabu pukul 16.00 WIB, PLN memadamkan 3.100 gardu dari 23.700 gardu yang ada di Jabodetabek.

Untuk wilayah Jawa Barat, daerah terdampak pemadaman di antaranya sebagian Bekasi, GPI, Cikarang, Bogor, dan Karawang.

Sementara, untuk wilayah Banten, dari total 14.000 gardu distribusi, sebanyak 228 gardu distribusi dipadamkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com