Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vivo Patenkan Desain Layar dengan Empat Lubang Kamera

Kompas.com - 02/01/2020, 18:08 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Belakangan ini, para pembuat smartphone berlomba-lomba untuk membuat ponsel dengan bingkai (bezel) setipis mungkin lewat beragam cara.

Beberapa di antaranya seperti memindahkan kamera selfie yang tadinya diletakkan di dahi ponsel ke dalam poni (notch).

Kemudian untuk memperluas layar, lahirlah teknologi layar berlubang (punch-hole) di mana lubang tersebut menjadi wadah untuk kamera depan.

Teknologi layar berlubang ini semakin banyak diadopsi oleh para pembuat ponsel. Salah satunya Vivo.

Kini, vendor smartphone asal China tersebut memiliki desain baru. Vivo mematenkan tiga desain punch-hole baru yang mampu memuat hingga empat modul kamera selfie.

Paten tersebut telah diajukan Vivo pada 1 Juni silam dan disetujui oleh kantor paten China (CNIPA) pada 27 Desember lalu.

Baca juga: Harga Rp 2,9 Juta, Begini Tampilan Vivo Y19 dari Segala Sisi

Berdasarkan rangkaian gambar yang tercantum di dalam dokumen paten tersebut, desain pertama tampil dengan empat lubang kamera yang diletakkan di masing-masing sudut layar.

Sehingga seluruh kamera depan tersebut ditempatkan di sisi kiri atas, kanan atas, kiri bawah, dan kanan bawah ponsel.

Pada desain kedua, lubang tersebut hanya terdapat pada sisi kiri atas dan kanan atas ponsel.

Berbeda dengan desain pertama, pada desain kedua ini terdapat dua kamera yang menempel di masing-masing punch-hole. Keseluruh kamera tersebut dibungkus dalam dua buah wadah. 

Baca juga: Vivo Tertarik Bawa Perangkat Audio Wireless ke Indonesia

Sementara desain ketiga, terlihat mirip dengan desain kedua. Hanya saja, dua buah modul kamera yang menempel di masing-masing sudut atas layar tidak ditampung di dalam wadah seperti di desain kedua tadi. Ukuran lubangnya juga terlihat lebih kecil.

Selain bagian depan, dokumen paten ini juga memperlihatkan gambaran desain punggung ketiga ponsel tersebut yang identik. Dikutip KompasTekno dari GSMArena, Kamis (2/1/2020), ada empat kamera yang disusun secara vertikal.

Meski demikian, belum bisa dipastikan apakah desain ini nantinya akan benar-benar diwujudkan dalam bentuk ponsel atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com