Ikuti Xiaomi, Ponsel Realme Bakal Menyodori Iklan

Kompas.com - 03/01/2020, 07:06 WIB
Tampilan punggung Realme XT varian Pearl White (atas) dan Pearl Blue (bawah). Realme XT mengusung empat kamera (64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP) yang menempel di bagian belakangnya. Ada pula logo realme dan sebuah modul LED flash. KOMPAS.com/Bill ClintenTampilan punggung Realme XT varian Pearl White (atas) dan Pearl Blue (bawah). Realme XT mengusung empat kamera (64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP) yang menempel di bagian belakangnya. Ada pula logo realme dan sebuah modul LED flash.


KOMPAS.com - Xiaomi mulai menayangkan aneka iklan lewat antarmuka MIUI besutannya pada 2018. Kini giliran Realme yang mengumumkan bakal melakukan hal yang sama lewat ColorOS.

Padahal sebelumnya, Realme sempat mengejek keputusan Xiaomi saat menghadirkan iklan pada antarmuka MIUI mereka.

Informasi tentang penayangan iklan di ColorOS disampaikan lewat sebuah posting berisi pengumuman di situs Realme. Disebutkan bahwa iklan akan disalurkan untuk pengguna ColorOS versi 6 atau yang lebih baru.

Baca juga: Xiaomi Mengaku Sengaja Tampilkan Iklan di Menu Setting

"Untuk terus menawarkan lebih banyak kejutan bagi para pengguna Realme dan mempertahankan model bisnis yang sehat dan berkelanjutan, kami telah memperkenalkan rekomendasi konten komersial di ColorOS," tulis Realme.

Realme turut menyebutkan bahwa iklan-iklan ditayangkan di dua tempat, yakni aplikasi Phone Manager dan Security Check setelah pengguna memasang aplikasi baru.

Untungnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Jumat (3/1/2020), Realme masih menyediakan opsi untuk menghentikan tayangan iklan di ColorOS.

Baca juga: Cara Matikan Iklan di Ponsel Xiaomi

Caranya adalah dengan mematikan toggle di Setting > Additional Settings > Content Recommendation.

Penayangan iklan di ponsel Realme sebenarnya tidak mengherankan. Sebab, seperti Xiaomi, Realme juga dikenal memasarkan produk-produk berharga murah yang minim margin.

Seperti Xiaomi pula, iklan Realme mungkin dimaksudkan untuk menambah profit supaya harga ponselnya bisa tetap ditekan agar semurah mungkin.

Belum diketahui apakah iklan hanya akan ditayangkan di ponsel Realme di negara-negara tertentu saja atau berlaku secara global.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X