Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Produk Teknologi yang Ditinggalkan Penggunanya dalam Satu Dekade Terakhir

Kompas.com - 03/01/2020, 08:12 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perubahan zaman terus bergulir, sejalan dengan inovasi yang terus dilakukan setiap harinya untuk menemukan teknologi yang lebih canggih. 

Selama sepuluh tahun ke belakang, perkembangan teknologi pun semakin pesat. Teknologi terbaik di masanya mulai ditinggalkan dan tergantikan dengan yang lebih up to date.

Berikut ini KompasTekno merangkum sejumlah Teknologi selama satu dekade ke belakang yang sudah mulai ditinggalkan. Adakah kenangan terbaik Anda saat menggunakannya?

1. MP3 Player

Headphone THINKSTOCK Headphone

Apakah Anda masih ingat di saat masih banyak orang yang mendengarkan lagu full album dalam satu alat pemutar musik MP3? Atau membawa MP3 player ke mana saja dengan earphone atau headphone

Format file MP3 sempat menjadi pilihan utama bagi para penikmat musik yang beralih dari CD player atau kaset.  

Di saat MP3 berjaya, para penikmat musik dimudahkan untuk membagikan musik serta mengunduh musik melalui internet dan kemudian disimpan dalam player pribadi mereka.

Baca juga: iPod, 12 Tahun Melantunkan Musik

Kemudian, Apple mulai meluncurkan iPod dan sedikit demi sedikit mengubah budaya cara menikmati musik.

iPod memberikan terobosan baru yang memudahkan para penikmat musik untuk menyimpan ratusan album atau playlist mereka.

iPod akhirnya mendominasi pasar, meskipun Microsoft sempat mengeluarkan media Player portable yang kalah terkenal dibandingkan iPod pada 2009.

Kemudian, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Digital Trends, Jumat (3/1/2020), di saat ponsel dan paket data semakin marak digunakan, muncullah service streaming musik Spotify yang dapat digunakan lewat smartphone dengan layanan berbayar.

Semenjak lahirnya aplikasi streaming musik, lambat laut mp3 player mulai ditinggalkan. Bagaimana tidak, para pengguna smartphone kini dimudahkan mengakses ribuan musik lintas negara melalui ponselnya.

Baca juga: Benarkah MP3 Sudah “Mati”?

Pada tahun 2017, format MP3 sendiri mulai ditinggalkan oleh lembaga penelitian Jerman yang berkontribusi terhadap pengembangannya di akhir 1980-an, Fraunhofer Institut.

Secara resmi Fraunhofer Institut menghentikan program perizinannya dan semenjak itu, MP3 dinyatakan mati.

2. Instant messenger 

Pemberitahuan penghentian layanan BlackBerry MessengerBlackBerry Messenger Pemberitahuan penghentian layanan BlackBerry Messenger

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com