Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Seluler yang Terdampak Banjir di Jabodetabek Mulai Pulih

Kompas.com - 03/01/2020, 14:27 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan telekomunikasi di sejumlah wilayah Jabodetabek yang sebelumnya sempat terganggu akibat banjir, telah berangsur pulih. Beberapa operator seluler melaporkan layanannya telah berfungsi normal.

Telkomsel misalnya, mengklaim layanan suara (telepon), SMS maupun akses data telah berfungsi normal, termasuk wilayah Bekasi yang sebelumnya mengalami penurunan layanan akibat banjir.

Kendati demikian, perusahaan pelat merah ini masih tetap menyiapkan perangkat pendukung, terutama pemasok listrik cadangan seperti mobile genset di sejumlah titik BTS yang masih terdampak.

"Tim Teknis Telkomsel secara simultan terus melakukan pengecekan dan tetap berupaya maksimal untuk pemulihan layanan secara menyeluruh," jelas Aldin Hasyim, General Manager External Corporate Communication Telkomsel melalui keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (3/1/2020).

Ia menambahkan, saat ini Telkomsel memprioritaskan pengamanan kualitas jaringan di sejumlah titik vital seperti Posko Penanggulangan Bencana, bandara, dan instansi terkait yang membutuhkan akses telekomunikasi intensif.

Baca juga: Pantau dan Laporkan Banjir di Jakarta lewat Situs PetaBencana

Hal yang sama juga dilakukan XL Axiata. Meski secara keseluruhan jaringan miliknya diklaim masih berfungsi normal, pemeriksaan tetap dilakukan di beberapa titik BTS yang masih belum aktif karena pemadaman aliran listrik.

Head of External Communications XL Axiata, Henry Wijayanto, mengatakan beberapa BTS yang masih disokong mobile genset juga masih terus dipantau agar tetap menyala.

"(Kami) melakukan penggantian beberapa perangkat di beberapa BTS yang sempat terendam," kata Henry.

Sementara itu, Hutchison Tri masih melakukan optimalisasi BTS yang masih down. Danny Buldansyah, Wakil Presiden Direktur Tri Indonesia mengatkan, beberapa BTS yang down tersebut masih sulit dijangkau karena banjir.

Baca juga: Google Tandai Banjir di Jakarta sebagai Kejadian Darurat

"Tapi walaupun masih ada BTS yang down, kami terus melakukan optimisasi sehingga hampir tidak ada blank spot," klaimnya.

Hingga Jumat (3/1/2020) pukul 10.41 WIB, Perusahaan Listrik Negara (PLN) masih memadamkan 322 titik. Sementara sebagian besar wilayah lainnya sudah kembali menyala.

PLN telah menyalakan 4.864 gardu distribusi listrik. Total terdapat 5.740 gardu distribusi terdampak banjir di Jabodetabek.

Pemadaman ini tentu berdampak langsung pada operasional BTS yang juga mengandalkan pasokan listrik dari PLN.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com