Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Patenkan iPhone Tanpa Poni, Meluncur Tahun Ini?

Kompas.com - 03/01/2020, 18:27 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.comApple dikabarkan sedang mempersiapkan perubahan besar untuk model iPhone terbaru yang bakal meluncur di tahun 2020 ini.

Tak hanya mendukung jaringan 5G, perangkat tersebut kabarnya bakal mengusung desain baru tanpa poni alias notch yang selalu hinggap di dahi iPhone sejak iPhone X keluaran 2017.

Baca juga: Rumor Pertama Kehadiran iPhone 9

Dugaan itu diperkuat setelah Apple telah mematenkan desain ponsel di kantor paten Jepang yang diterbitkan pada tanggal 23 Desember lalu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari

Dalam gambar yang dihimpun KompasTekno dari LetsGoDigital, Jumat (3/1/2019) tersebut ada ilustrasi ponsel dengan layar yang tak terhalang poni. Bingkai di sekelilingnya terlihat agak tebal.

Paten Design AppleLetsGoDigital Paten Design Apple

Menurut rumor yang beredar, kabarnya iPhone edisi 2020 akan hadir dengan empat model baru dengan layar yang besar, dua dengan layar 6,1 inci, lalu 5,4 inci, dan terakhir 6,7 inci.

Baca juga: Ini 5 Tipe iPhone yang Disebut Bakal Hadir pada 2020

Paten Design AppleLetsGoDigital Paten Design Apple
Notch iPhone selama ini digunakan sebagai wadah kamera selfie sekaligus kamera dan proyektor untuk pengenal wajah Face ID.

Lantaran komponen-komponen itu tak terlihat dalam ilustrasi perangkat dalam paten, Apple agaknya berencana menyembunyikan mereka di balik layar, atau beralih memakai in-display fingerprint scanner seperti ponsel Android.

Tidak dijelaskan apa nama ponsel dalam paten. Tak menutup kemungkinan pula bahwa ilustrasi ini bukan menggambarkan rancangan smartphone (iPhone), melainkan perangkat lain seperti iPod Touch.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com