Cegah Gaib, Xiaomi Tambah 5 Distributor Ponsel di Indonesia

Kompas.com - 05/01/2020, 10:25 WIB
(Ki-ka) Redmi Note 8 Pro varian Forest Green dan Redmi Note 8 varian Pearl White. Kompas.com/Wahyunanda Kusuma(Ki-ka) Redmi Note 8 Pro varian Forest Green dan Redmi Note 8 varian Pearl White.

JAKARTA, KOMPAS.com - Isu sulit ditemukan di pasaran alias "gaib" masih menjadi perhatian Xiaomi di Indonesia.

Banyak Mi Fans -julukan penggemar Xiaomi- yang mengeluhkan susahnya mendapat produk populer Xiaomi, seperti Redmi Note 7 atau Redmi Note 8.

Berbagai cara pun mulai dilakukan Xiaomi, salah satunya memperluas jaringan distributor. Mulai tahun 2020, Xioami memiliki total enam distributor.

"Tahun 2019, kami hanya punya satu distributor yakni Erajaya. Tahun 2020, kami punya enam, termasuk Erajaya," jelas Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse dalam peluncuran Mi Note 10 Pro di Jakarta, Sabtu (4/1/2020).

Adapun lima distributor lain Xiaomi lainnya adalah Rajawali, Bintang Mahameru Utama, Synergy Sukses Mobilindo, Cahaya Mulia Glass Indonesia Lestari, dan Belanja Royal Makmur.

Baca juga: Xiaomi Mi Note 10 Pro Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

Alvin menjelaskan saat ini Xiaomi juga tengah fokus untuk menggeber pasar offline dan berencana untuk meningkatkan investasi di layanan purna jual.

Alvon Tse, Country Director Xiaomi Indonesia dalam konferensi pers peluncuran Mi Note 10 Pro di Jakarta, Sabtu (4/1/2020).KOMPAS.com/Wahyunadna Kusuma Pertiwi Alvon Tse, Country Director Xiaomi Indonesia dalam konferensi pers peluncuran Mi Note 10 Pro di Jakarta, Sabtu (4/1/2020).
Berbicara soal investasi, Alvin enggan menyebutkan nominal secara gamblang.

Namun, ia berharap investasi Xiaomi di Indonesia bisa meningkat dalam dua hingga tiga tahun ke depan, khususnya di bagian rantai pemasokan.

"Model bisnis kami adalah dengan jangka panjang, sekarang kami lebih hati-hati dan memiliki strategi untuk bertahan di pasar Indonesia untuk jangka waktu yang lama, tidak hanya bakar uang lalu pergi," jelas Alvin.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Beli Ponsel Xiaomi di Mi Store Buka Kardus di Toko

Saat ini, Xiaomi memiliki sekitar 51 Mi Store yang tersebar di seluruh Indonesia yang didukung 50 layanan purna jual. Xiaomi juga telah menggandeng mitra manufaktur di Batam dan mempekerjakan lebih dari 1.000 karyawan. (Baca juga: Kisah Ellyana, Pekerja di Pabrik Xiaomi Batam)

Dalam dua hingga tiga tahun ke depan, Alvin mengatakan, Xiaomi ingin menjadi brand gaya hidup nomor wahid di Indonesia.

Ia ingin Xiaomi tidak hanya dikenal sebagai merek smartphone saja, namun juga pabrikan IoT dan perangkat lainnya.

Baca juga: Bos Xiaomi Indonesia Blak-blakan soal Ponsel “Gaib, Ini Sebabnya



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X