YouTube "Play Button" Palsu Banyak Dijual Online, Apa Kata E-Commerce?

Kompas.com - 06/01/2020, 18:10 WIB
Ilustrasi YouTube Pop-up Space KOMPAS.com/ WAHYUNANDA KUSUMA PERTIWIIlustrasi YouTube Pop-up Space

KOMPAS.com - Plakat penghargaan Silver Play Button dan Gold Play Button dari YouTube versi palsu, ternyata banyak dijual bebas di sejumlah e-commerce.

KompasTekno menemukan sejumlah e-commerce yang menjajakan plakat penghargaan palsu ini seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, dan Bukalapak.

Plakat palsu ini dijual dengan kisaran harga Rp 200.000 hingga Rp 300.000. Mengetahui hal ini, Tokopedia pun tidak tinggal diam. Startup unicorn ini langsung menindaklanjuti laporan tersebut.

Baca juga: Melihat Kompilasi Video dan Momen Paling 2019 di YouTube Rewind Tahun Ini

"Tokopedia memiliki syarat dan ketentuan yang tegas melarang penjualan produk yang melanggar ketentuan hukum, termasuk produk hasil pelanggaran hak cipta," kata VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak pada KompasTekno, Senin (6/1/2020).

Saat ditelusuri KompasTekno, laman penjual Silver Play Button dan Gold Play Button palsu sudah tidak bisa diakses lagi. Dari pencarian produk juga tidak ditemukan.

"Kami juga bekerja erat dengan berbagai lembaga pemerintah, swasta dan mitra strategis lainnya," imbuh Nuraini. Dia ikut mengajak pengguna untuk melaporkan ke Tokopedia apabila menemukan produk yang melanggar syarat dan ketentuan.

Tangkapan layar situs Tokopedia yang sudah tidak menemukan hasil pencarian Silver Play Button dan Gold Play Button palsu.Tokopedia Tangkapan layar situs Tokopedia yang sudah tidak menemukan hasil pencarian Silver Play Button dan Gold Play Button palsu.

Hal senada dilakukan Bukalapak yang juga sedang menindaklanjuti temuan ini. Head of Corporate Communications Bukalapak Intan Wibisono menyayangkan adanya Play Button palsu tersebut.

Ia tidak memungkiri, sebagai marketplace para pelapak boleh memajang berbagai dagangan ke situsnya, tapi tetap ada aturan main.

"Jika yang diunggah melawan aturan hukum Indonesia dan kebijakan Bukalapak, dengan serta merta kami akan segera menghilangkan konten tersebut pada aplikasi kami," tegasnya.

Baca juga: CEO YouTube Batasi Waktu Anaknya Nonton YouTube

Silver dan Gold Play Button adalah penghargaan khusus dari YouTube bagi para YouTuber. YouTuber dengan subscriber (pengikut) 100.000 akan mendapatkan Silver Play Button, sementara pemilik satu juta subscriber akan diganjar Gold Play Button.

YouTube punya satu lagi penghargaan yakni Diamond Play Button untuk kanal yang memiliki 10 juta subscriber.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X