Drone GoPro Karma Sedunia Mogok Terbang gara-gara Masalah GPS

Kompas.com - 06/01/2020, 19:15 WIB
GoPro memamerkan Karma, drone lipat buatannya, di booth mereka yang terletak di Hall 9 Koelnmesse. Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comGoPro memamerkan Karma, drone lipat buatannya, di booth mereka yang terletak di Hall 9 Koelnmesse.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Memasuki tahun baru 2020, drone Karma dari GoPro mendadak bermasalah. Para pemiliknya banyak melaporkan wahana terbang nirawak itu tak mau terbang karena tidak mendapat sinyal GPS.

Controller Karma hanya menampilkan error. Kompas pun tak bisa dikalibrasi. Karma tetap menolak terbang meskipun fitur GPS sudah dimatikan.

Masalah ini terjadi pada drone GoPro Karma di seluruh dunia. Pihak GoPro mengatakan sedang melakukan penyelidikan untuk mencari solusinya.

Baca juga: GoPro Hero 8 Black dan Hero MAX Meluncur, Harganya?

Pangkal persoalannya belum jelas benar, tapi diduga terkait dengan "clock rollover" di sistem satelit GPS dan GLONASS belakangan ini.

Sistem-sistem GPS menghitung pekan dengan parameter 10-bit dan melakukan pengulangan tiap pekan ke-1.024. Saat rollover, sistem GPS dapat mengulang penanggalan sehingga data navigasi dan lokasi bisa ikut kacau.

Padahal, seperti dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (6/1/2020), GPS sangat bergantung pada informasi waktu yang sangat tepat untuk berfungsi dengan presisi. Telat sedikit saja, lokasi bisa meleset jauh.

Para pembuat perangkat dengan sistem navigasi berbasis GPS biasanya mengatasi persoalan rollover dengan menyalurkan update.

Baca juga: GoPro Berhenti Bikin Drone, Jual Murah Kamera Hero 6

Apesnya buat pemilik Karma, perangkat lunak drone itu sudah tidak diperbarui sejak September 2018, 9 bulan setelah dihentikan (discontinue) oleh GoPro.

GoPro keluar dari bisnis drone pada Januari 2018. Ratusan pegawai yang menangani drone Karma dirumahkan. Ketika itu GoPro berjanji akan meneruskan support untuk Karma, tapi tidak disebutkan dengan jelas sampai kapan tepatnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X