Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsol PS5 Akan Bisa Mainkan Game PS Lawas?

Kompas.com - 08/01/2020, 17:31 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam ajang tahunan Consumer Electronics Show (CES) 2020, Sony telah memastikan kehadiran konsol PlayStation 5. Dalam kesempatan itu pula Sony memamerkan logo resmi konsol tersebut.

Meski sudah dipastikan kehadirannya, Sony masih bungkam soal fitur dan kemampuan apa saja yang dimiliki konsol tersebut. Namun baru-baru ini tersiar kabar bahwa PS5 akan dapat memainkan game dari konsol PlayStation lawas.

Kabar tersebut muncul dari seorang YouTuber game, HipHopGamer. Melalui sebuah unggahan video di kanal YouTube miliknya, ia mengklaim bahwa Sony tengah mengembangkan teknologi remastering engine untuk konsol terbarunya.

Melalui teknologi inilah PS5 disebut akan memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk memainkan game dari seluruh konsol PlayStation mulai dari PS1, PS2, PS3, hingga PS4.

HipHopGamer juga mengatakan bahwa Sony sudah merencanakan kehadiran fitur ini sejak lama. Fitur ini serupa dengan backward compatibility yang dimiliki konsol Xbox One X.

Dirangkum KompasTekno dari DigitalTrends, Rabu (8/1/2020), dengan adanya fitur tersebut, maka persaingan antara Sony dan Microsoft dalam industri konsol akan semakin memanas. 

Sebab, backward compatibility merupakan salah satu nilai jual utama yang hadir pada Xbox Series X.

Baca juga: Sony Umumkan Logo dan Fitur PlayStation 5

Dengan membawa teknologi yang sama, Sony dan Microsoft disebut akan terlibat dalam kompetisi yang semakin ketat.

Sebagai informasi, HipHopGamer sendiri adalah salah seorang YouTuber game yang kerap memberikan informasi tepat terkait perkembangan industri game di dunia.  

Sebelumnya, Mark Cerny, Arsitek Game dari Sony, juga telah mengonfirmasi bahwa konsol PS5 akan bisa menjalankan game dari PS4 dan PS VR.

Baca juga: Sony Patenkan Controller PlayStation dengan Dua Tombol Belakang

PS5 sendiri bakal dirilis saat musim liburan akhir 2020 mendatang. Fitur terbaru yang sudah dikonfirmasi adalah mekanisme controller anyar yang mengadopsi teknologi "haptic feedback" dan "adaptive trigger" yang bisa menambah pengalaman bermain game lebih realistis.

Untuk spesifikasi, PS5 disinyalir bakal dibekali pasangan CPU Ryzen dan GPU Navi dari AMD, berikut berbagai macam teknologi grafis termutakhir untuk tampilan visual lebih realistis, seperti ray tracing dan resolusi 8K.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com