Samsung Siapkan TV MicroLED dalam Berbagai Ukuran

Kompas.com - 08/01/2020, 19:10 WIB
Iluatrasi layar televisi micro LED Samsung Electronic yang diluncurkan di CES 2020 KOMPAS/Putri Zakia SalsabilaIluatrasi layar televisi micro LED Samsung Electronic yang diluncurkan di CES 2020

KOMPAS.com - Pada pameran CES tahun 2018, Samsung untuk pertama kalinya memperkenalkan TV dengan teknologi panel layar MicroLED. Ketika itu TV tersebut hanya tersedia dengan ukuran raksasa, 292 inci, sehingga cuma cocok untuk konsumen enterprise.

Dua tahun setelahnya, pada CES 2020 yang digelar di Las Vegas, AS, pekan ini, Samsung mengumumkan bakal menyediakan TV MicroLED dalam ukuran bervariasi, terutama yang lebih kecil agar cocok untuk pengguna rumahan.

Baca juga: Samsung Rilis TV Vertikal untuk Penggemar Tik Tok dan Instagram

Total akan ada empat opsi ukuran diagonal yang tersedia, yakni 75 inci, 88 inci, 93 inci, 110 inci, 150 inci, dan 292 inci tadi. Khusus varian 88 inci dan 150 inci akan memiliki desain "ultra slim" tanpa bingkai layar (bezel).

Karena bersifat modular, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari ZDNet, Rabu (8/1/2020), konsumen bisa menggabungkan beberapa TV MicroLED sekaligus untuk menyesuaikan dengan kebutuhan bentuk ruangan.

Tipe layar MicroLED sendiri menggunakan modul-modul LED berukuran mikrometer sebagai tiap piksel. Seperti OLED, tiap modul LED berukuran sangat kecil ini bisa menghasilkan cahaya sendiri sehingga rasio kontrasnya jauh lebih tinggi dibanding panel LCD.

Baca juga: TV OLED LG Bisa Digulung Bak Layar Proyektor

"MicroLED menawarkan kualitas gambar terbaik di kelasnya, dengan tingkat kedalaman, resolusi, dan kejernihan yang lebih tinggi. Kecerahan maksimalnya mencapai 5.000 nits," tulis Samsung dalam pengumuman terkait di situsnya.

Meski menjanjikan kualitas gambar yang tinggi, proses produksi MicroLED masih sangat mahal. Samsung pun masih belum mengumumkan berapa harga perangkat-perangkat TV ini nantinya. Mungkin saja peminatnya harus merogoh kocek dalam-dalam.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X