Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Bullying, Twitter Bikin Fitur untuk Batasi Jumlah Reply

Kompas.com - 09/01/2020, 16:07 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Komentar negatif di jejaring sosial kini sangat mudah ditemukan. Terlebih lagi, pengguna bisa dengan mudah melakukan perundungan (bullying) terhadap sesama melalui kolom balasan atau komentar di media sosial.

Untuk menghindari hal tersebut, Twitter berencana menghadirkan sebuah fitur baru. Fitur ini nantinya dapat digunakan pengguna untuk mengontrol atau membatasi siapa saja yang bisa membalas (reply) sebuah twit yang diunggah.

Rencana peluncuran fitur ini disampaikan oleh Director of Product Management Twitter Suzzane Xie di panggung Consumer Electronic Show (CES) 2020 di Las Vegas, AS.

Fitur tersebut nantinya akan muncul ketika pengguna akan mengunggah sebuah kicauan. Sebelum diunggah, akan muncul sebuah menu untuk menentukan siapa saja yang boleh membalas kicauan tersebut.

Baca juga: Follow Akun Twitter Ini untuk Pantau Banjir Jakarta

Menu tersebut akan muncul dalam pengaturan "Conversation participants" yang terletak di jendela compose. Di situlah pengguna bakal bisa memilih siapa saja yang bisa membalas twit yang akan diunggah.

Ilustrasi fitur Conversation participants di Twitter.TheVerge Ilustrasi fitur Conversation participants di Twitter.

Ada empat pilihan pengaturan, yakni "Global" (semua orang bisa membalas), "Group" (hanya orang yang di-follow dan di-mention), "Panel" (hanya orang yang di-mention), dan "Statement" (tidak mengizinkan siapa pun untuk membalas twit).

Meski demikian, pengguna Twitter lainnya masih bisa menggunakan fitur quote atau Retweet with comment untuk mengutip kicauan tersebut meski kolom balasannya (reply) telah dibatasi.

Menurut Xie, fitur retweet with comment dapat digunakan jika pengguna Twitter ingin membantah, atau sekadar menyanggah kicauan yang tidak bisa dibalas karena fitur baru tersebut.

Baca juga: Ada Celah Keamanan, Twitter Imbau Pengguna Segera Perbarui Aplikasi

Fitur pembatasan reply di Twitter bakal mulai diuji coba pada kuartal pertama 2020, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Kamis (9/1/2020).

Dalam masa uji coba, selain meninjau masalah yang kemungkinan bakal muncul, Twitter juga bakal mengawasi fitur Retweet with comment agar tidak disalahgunakan sebagai celah untuk berkomentar negatif.

Jika masa uji coba telah selesai dan tidak ada masalah, maka fitur tersebut rencananya mulai disebar ke semua pengguna Twitter pada tahun 2020 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com