Hacker Bobol Ponsel Samsung Milik Selebritas Korsel, Ancam Sebar Foto

Kompas.com - 10/01/2020, 09:06 WIB
Ilustrasi Getty Images/iStockphotoIlustrasi

KOMPAS.com - Kabar tidak menyenangkan datang dari Korea Selatan. Pasalnya ada laporan terbaru dari salah satu media yang menyebut bahwa beberapa pengguna Samsung Galaxy
yang mayoritas adalah selebritas dan public figure telah diretas.

Menurut laporan tersebut, pihak peretas membobol akun Samsung Cloud, dan meminta bayaran secara tunai dari para korbannya.

Apabila korban tidak bersedia untuk membayar uang tebusan itu, peretas akan mengancam untuk menyebarkan dan membocorkan semua data yang tersimpan pada Samsung Cloud.

Laporan tersebut juga menunjukkan spekulasi bahwa peretas memperoleh informasi kontak, gambar, video, dan pesan teks dari sejumlah selebritas.

Baca juga: iCloud Dibobol, Foto Sensual Jennifer Lawrence Beredar

Untuk melancarkan aksinya, peretas menggunakan informasi yang terdapat pada penyimpanan Samsung Cloud pengguna untuk mengancam korban agar memberi uang tebusan.

Dihimpun KompasTekno dari Gizmo China, Jumat (10/1/2020), jumlah tebusan yang diminta hacker berkisar dari 50 juta won (Rp 597 juta) hingga 1 miliar won (Rp 12 miliar).

Namun sampai saat ini, daftar nama dari selebritas dan public figure yang menjadi korban peretas itu tidak terdapat di laporan tersebut. Tak hanya dari kalangan selebriti, bahkan aktor, sutradara film, dan koki terkenal pun juga dilaporkan mengalami kejadian ini.

Kabarnya juga ada penyanyi terkenal yang telah membayar uang tebusan untuk peretas guna mencegah kebocoran datanya. Tetapi nama dari penyanyi tersebut juga belum diketahui.

Berdasarkan laporan, aktor Zhu Zhenmo juga termasuk salah satu korban atas kejadian ini. Namun dirinya tidak menanggapi ancaman dari peretas tersebut.

Hingga berita ini ditayangkan, pihak Samsung belum memberikan pernyataan secara resmi terkait insiden ini.

Baca juga: Mitos Keliru Orang Indonesia terhadap Cloud Computing

Pembobolan akun penyimpanan cloud Samsung ini mengingatkan pada insiden serupa yang dialami layanan penyimpanan iCloud milik Apple pada 2014 lalu.

Kala itu, aktris Hollywood Jennifer Lawrence yang menjadi korban. Foto-foto yang tersimpan di akun iCloud-nya beredar luas di internet.

Selain Lawrence, selebriti lain yang fotonya ikut diedarkan adalah Victoria Justice, Emily Browning, Kate Bosworth, Jenny McCarthy, dan Kate Upton.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber GizChina
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X