Ditipu Lewat Aplikasi, Pengguna Gojek Kehilangan Rp 28 Juta

Kompas.com - 10/01/2020, 09:57 WIB
Ilustrasi Gojek ShutterstockIlustrasi Gojek
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Penipuan lewat modus aplikasi ojek online kembali terjadi. Korban kali ini adalah pelanggan Gojek di Sorong, Papua, yang bernama Prameswara.

Pada Senin (6/1/2020), Prameswara memesan makanan melalui fasilitas GoFood di aplikasi Gojek dengan metode pembayaran via GoPay.

Di tengah proses, ia dihubungi oleh seseorang yang mengaku sebagai driver. Orang tersebut mengatakan akun GoPay miliknya sedang bermasalah.

Si “driver" kemudian mengarahkan Prameswara agar menggunakan e-banking atau ATM.

Setelah mengikuti arahan, Prameswara menerima pesan dari SMS banking yang memberitahukan adanya transaksi tak wajar. Saat itulah dia sadar telah menjadi korban penipuan.

Baca juga: Gojek Tanggapi Insiden Penipuan yang Menimpa Maia Estianty

“Saya sudah ke bank dan meminta rekening koran, ternyata saya kehilangan Rp 28 juta,” ujar Prameswara yang berprofesi sebagai Penyiar Radio Republik Indonesia, dihimpun KompasTekno dari Antara, Jumat (10/1/2020).

Prameswara telah melaporkan kejadian penipuan yang dialaminya ke pihak kepolisian dan Gojek.

Penipuan berbasis social engineering

Seorang perwakilan Gojek Sorong, Graig, menjelaskan bahwa akun driver yang menghubungi Prameswara sebelumnya telah diretas oleh orang tak bertanggung jawab.

Dengan kata lain, orang yang menghubungi Prameswara kemungkinan bukanlah driver yang bersangkutan, melainkan pelaku penipuan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X