Kompas.com - 10/01/2020, 13:01 WIB

KOMPAS.com - Dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2020, Google memamerkan kemampuan terbaru dari Google Assistant. Asisten virtual ini, akan dapat membacakan seluruh isi sebuah website untuk pengguna.

Kemampuan tersebut saat ini masih belum dirilis untuk para pengguna. Rencananya, fitur ini akan disebarkan secara merata setidaknya paling lambat sekitar akhir tahun 2020 ini.

Selain membacakan tulisan dalam sebuah website, Google Assistant juga akan dapat menerjemahkan tulisan tersebut ke dalam 42 bahasa.

Asisten virtual ini pun akan memiliki kemampuan scrolling secara otomatis sampai ke halaman terbawah website.

Dengan demikian, pengguna dapat mengikuti teks yang sedang dibacakan oleh Google Assistant tersebut.

Fitur ini tentu akan dapat memanjakan para pengguna, khususnya untuk penyandang tunanetra.

Sejauh ini, Google memang cukup banyak merilis fitur-fitur yang dapat membantu para difabel, seperti Live Transcribe dan Audio Amplifier untuk penyandang tunarungu.

Baca juga: Cerita Gaun Hijau Jennifer Lopez yang Melahirkan Fitur Pencari Foto di Google

Untuk menjalankan fitur baru tersebut, caranya pun cukup mudah. Nantinya, pengguna cukup memberikan perintah sederhana seperti "Hey Google, read it" atau “Hey Google, read this page”.

Selain fitur baru, Google juga memamerkan kemampuan berkomunikasi Google Assistant yang menjadi lebih "manusiawi".

Google Assistant nantinya tidak lagi berbicara layaknya sebuah robot, berkat perbaikan datasets suara yang dibenamkan pada asisten virtual ini.

Baca juga: Google Akan Akhiri Skema Penghindaran Pembayaran Pajak

Dirangkum KompasTekno dari CNBC, Jumat (10/1/2020), sayangnya Google masih belum mengungkap tanggal pasti kapan fitur baru ini akan dirilis.

Pihak Google juga mengatakan bahwa fitur ini akan muncul secara eksklusif untuk perangkat Android.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.