Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2020, 16:17 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Bukan cuma televisi dan aneka perangkat rumah tangga lainnya, Samsung juga turut memboyong perangkat Solid State Drive (SSD) di Consumer Electronic Show (CES) 2020 yang digelar di Las Vegas, AS, pekan lalu.

Perangkat penyimpan data tersebut adalah T7 Touch yang dibekali modul pemindai sidik jari (fingerprint) sebagai fitur keamanan utama.

Dengan fitur biometrik tersebut, aneka data yang tersimpan di SSD bisa tersimpan dengan lebih aman dan hanya bisa diakses oleh sang pemilik.

Selain fingerprint, data pengguna SSD T7 Touch juga dilindungi dengan sistem enkripsi hardware AES 256-bit dan sistem pelindung data berbasis kata sandi (password) untuk sisi software.

Untuk kecepatannya sendiri, Samsung SSD T7 Touch diklaim mampu menawarkan kecepatan write speed dan read speed dua kali lipat dibanding pendahulunya, dengan kecepatan transfer data masing-masing hingga 1 Gbps.

Perangkat ini menggunakan konektor dengan jenis USB Type-C (Gen 2), yang mendukung USB 3.2 Gen 2 dengan kecepatan transfer data hingga 10 Gbps.

SSD T7 Touch memiliki fitur backward compability yang artinya tetap dapat digunakan bersama jenis USB generasi sebelumnya.

Baca juga: Samsung Perkenalkan SSD Terbesar di Dunia

SSD dengan bobot 58 gram ini juga mendukung sistem operasi Windows, Mac, hingga Android. 

Samsung SSD T7 Touch hadir dalam dua varian warna, yakni hitam dan putih, berlapis material cangkang berbahan titanium, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Senin (13/1/2020).

Rencananya, perangkat SSD portabel T7 Touch bakal tersedia sekitar bulan ini di 30 negara dan bakal dijual dengan harga 129 dollar AS (Rp 1,7 juta) untuk kapasitas 500GB, 229 dollar AS (Rp 3,1 juta) untuk 1 TB, dan 399 dollar AS (Rp 5,4 juta) untuk 2 TB.

Belum diketahui apakah perangkat tersebut bakal dipasarkan di Indonesia atau tidak.

Baca juga: SSD Pemecah Rekor, Kapasitasnya 15 Terabyte

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com