Begini Cara Agar Video Tidak Diputar Otomatis di Play Store

Kompas.com - 13/01/2020, 20:18 WIB
Ilustrasi Google Play Store wikipedia.orgIlustrasi Google Play Store

KOMPAS.com - Bagi anda pengguna android, mungkin sering merasa terganggu dengan adanya video auto-play pada aplikasi yang sedang berjalan salah satunya Google Play Store.

Kini, Google telah menghadirkan fitur dimana penggunanya dapat menonaktifkan auto-play video di Google Play Store.

Bahkan sekarang pengguna dapat menemukan video autoplay di bagian Spotlight Game, Games You Might Like, dan Suggested For You.

Namun fitur menonaktifkan auto-play video pada Google Play Store ini hanya bisa ditemukan jika pengguna telah melakukan update ke Play Store versi 17.9.17.

Baca juga: Video di Facebook Bisa Diputar Tanpa Internet

Ketika sudah melakukan update ke versi terbaru itu, nantinya pengguna dapat memilih tiga opsi, yakni aktifkan auto-play, nonaktifkan auto-play, dan aktifkan auto-play saat terhubung dengan jaringan WiFi saja.

Adapun cara mudah untuk menonaktifkan fitur auto-play video di Google Play Store adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Google Play Store, dan pastikan sudah versi yang paling terbaru. Lalu pilih menu settings dan berikutnya pilih menu general.

Cara Menonaktifkan Fitur Auto-Play Video Di Google Play Store(KOMPAS.com/Conney Stephanie) Cara Menonaktifkan Fitur Auto-Play Video Di Google Play Store

 

2. Lalu di baris keempat akan tersedia pilihan Auto-play videos, dan pilih menu tersebut.

Cara Menonaktifkan Fitur Auto-Play Video Di Google Play Store(KOMPAS.com/ConneyStephanie) Cara Menonaktifkan Fitur Auto-Play Video Di Google Play Store

 

3. Nantinya akan muncul tiga pilihan yaitu Auto-play Videos at Any Time, Auto-play Videos Over Wi-Fi Only, atau Don’t Auto-play Videos. Lalu pilih menu opsi ketiga untuk mematikan fitur auto-play video.

Cara Menonaktifkan Fitur Auto-Play Video Di Google Play Store(KOMPAS.com/ConneyStephanie) Cara Menonaktifkan Fitur Auto-Play Video Di Google Play Store

Opsi ini pun dianggap sangat bermanfaat, sehingga tidak mengganggu pengguna ketika sedang menjalankan Google Play Store.

Berikut penjelasan dari ketiga opsi yang ditawarkan:

1. Auto-play Videos at Any Time
Fitur ini akan aktif saat perangkat terhubung dengan jaringan seluler maupun Wi-Fi.

2. Auto-play Videos Over Wi-Fi Only
Fitur ini akan aktif saat perangkat hanya terhubung dengan jaringan Wi-Fi.

3. Don’t Auto-play Videos
Fitur ini akan menonaktifkan auto-play video meski terhubung dengan jaringan apa pun.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X