Cek Fakta: #NetflixTidakAman bagi Anak?

Kompas.com - 14/01/2020, 10:08 WIB
Ilustrasi Konten Netflix untuk Anak-Anak Rilis NetflixIlustrasi Konten Netflix untuk Anak-Anak

KOMPAS.com - Pada Senin (13/1/2020) malam, pengguna Twiiter dihebohkan oleh tagar #NetflixTidakAman. Kebanyakan isi tweet menyebut bahwa layanan streaming video on-demand  Netflix berbahaya bagi penonton, terutama mereka yang berusia belia.

Beberapa unggahan dengan tagar tersebut, yakni tweet disertai hashtag #NetflixTidakAman, bahkan sempat viral di jejaring sosial Twitter.

Salah satu twit bertagar #NetflixTidakAman membeberkan harapan terkait aplikasi Netflix agar tetap aman ditonton untuk anak di bawah umur.

Pernyataan tersebut diunggah melalui tweet @alineadotid. 

 

Lantas, benarkah Netflix tidak memiliki fitur pengaman seperti yang disebutkan di kicauan tersebut? 

Baca juga: #NetflixTidakAman Mendadak Ramai di Twitter, Ini Kata Analis Medsos

Sebagaimana penelusuran KompasTekno di aplikasi Netflix, Selasa (14/1/2020), platform streaming video itu sudah memiliki fitur pembatasan konten untuk anak-anak, yakni "Parental Controls". 

Seperti namanya, fitur yang bisa diakses di menu pengaturan akun Netflix ini bisa digunakan untuk mencegah anak-anak menonton beragam konten yang tidak sesuai umurnya dengan empat nomor PIN.

Nomor PIN sendiri bisa diatur lewat profil akun Netflix normal atau bisa dibilang profil "dewasa", bukan akun Netflix yang ditujukan bagi anak-anak atau profil " Kids".

Adapun jenis akun Netflix bisa diatur lebih lanjut lewat menu "Manage Profiles" di aplikasi tersebut. 

Cara menggunakan PIN sebagai "Parental Controls" Netflix

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X