Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menjaga Keamanan Windows 7 yang Dipensiunkan Microsoft

Kompas.com - 14/01/2020, 17:06 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mulai hari ini, Selasa (14/1/2020), Microsoft resmi menghentikan dukungan pembaruan keamanan (security update) sistem operasi (OS) Windows 7.

Pengguna masih tetap menggunakan OS tersebut. Hanya saja, Microsoft tak lagi memberikan pembaruan sekuriti secara berkala. Dengan tidak adanya update itu, adakah cara untuk menjaka keamanan Windows 7?

Menurut pakar keamanan siber, Alfons Tanujaya, OS yang tidak lagi mendapatkan pembaruan keamanan memang rentan terhadap beragam serangan siber.

"Secara teori, pasti Windows 7 akan rentan terhadap serangan jika ditemukan celah keamanan baru," ujar Alfons ketika dihubungi KompasTekno, Selasa (14/1/2020).

Baca juga: Pensiunnya Windows 7 Menandai Berakhirnya Era PC?

"Sebab, Microsoft sudah tidak memberikan update patch/tambalan jika ternyata ditemukan celah keamanan baru," imbuhnya.

Atas dasar itu, Alfons menyarankan pengguna yang masih ingin memakai OS yang umurnya sudah lebih dari satu dekade ini untuk tetap berhati-hati akan beragam serangan siber yang berpotensi mengincar komputer mereka.

Salah satu langkah pencegahan yang bisa dilakukan adalah tidak menghubungkan komputer atau laptop Windows 7 dengan koneksi internet atau jaringan manapun, supaya tak diincar oleh hacker atau program jahat yang bisa menyusup lewat internet ataupun local network.

"Komputer sebaiknya hanya digunakan di lingkungan tertutup," kata Alfons.

Baca juga: Ingin Upgrade dari Windows 7 ke Windows 10? Cek Syarat Minimumnya di Sini

Kalaupun mesti tersambung ke jaringan lokal (LAN/ WLAN), Alfons menyarankan pengguna Windows 7 agar membatasi akses file sharing komputer. Tujuannya meminimalisir penyebaran program jahat seperti ransomware ke komputer-komputer lain.

"Sekalipun komputer lain di jaringan aman dari serangan, (ketika) Windows 7 terkena serangan, maka data yang 'open share' di jaringan berpotensi akan jadi korban," tutur Alfons. "Hal ini sering terjadi dalam serangan ransomware," tambahnya.

Bagaimana jika pengguna Windows 7 ingin tetap terkoneksi ke internet? Cara yang paling praktis adalah melakukan upgrade ke sistem operasi Windows 10 yang lebih baru dan selalu mendapat pembaruan sekuriti dari Microsoft.

Baca juga: Windows 7 Disetop, Begini Cara Upgrade Windows 10 secara Gratis

Windows 10 bisa diunduh secara gratis. Dengan memakai OS ini, pengguna komputer tak perlu melakukan langkah-langkah keamanan seperti di atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com