Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony PlayStation Absen di E3 2020, Ada Apa?

Kompas.com - 15/01/2020, 09:10 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sony Interactive Entertainment (SIE) dan PlayStation memastikan bakal absen di ajang pameran game bergengsi tahunan Electronic Entertainment Expo (E3) pada tahun ini.

Langkah ini serupa dengan tahun 2019 lalu, di mana perusahaan raksasa asal Jepang ini juga tak menghadiri E3 2019.

Artinya, 2020 menjadi tahun kedua Sony di mana mereka tidak bakal memamerkan aneka teknologi dan game terbaru untuk konsol PlayStation buatannya di ajang tersebut. Lantas, apa alasannya?

"Setelah evaluasi mendalam, SIE memutuskan untuk tidak berpartisipasi di ajang E3 2020," ujar juru bicara SIE sebagaimana dikutip KompasTekno dari GameIndustry.biz, Rabu (15/1/2020).

"Kami menghormati pihak ESA sebagai penyelenggara (E3), namun kami berpikir bahwa E3 2020 bukan gelaran yang tepat untuk memamerkan apa yang (akan) kami kembangkan tahun ini," imbuhnya.

Alih-alih lewat E3, Sony mengonfirmasi akan membeberkan informasi terkait perkembangan produk terbarunya, seperti aneka game terbaru untuk konsol PS4 dan PS5 nanti, di sejumlah acara yang ditujukan bagi para konsumen.

Hal itu dilakukan sebagai upaya Sony untuk mendekatkan diri dengan konsumennya di ranah hiburan.

"Kami akan berkembang sesuai strategi global kami di 2020 dengan berpartisipasi di ratusan acara konsumen di seluruh penghujung dunia," tutur pihak Sony.

Meski begitu, tidak dibocorkan acara apa saja yang bakal digelar atau dihadiri oleh Sony di tahun ini.

Baca juga: Sony Umumkan Logo dan Fitur PlayStation 5

Sebagai informasi, sejak pertama kali digelar pada tahun 1995, Sony selalu menggunakan gelaran E3 untuk menguak informasi terkait teknologi konsol teranyar berikut dan game-game terbaru yang bakal dirilis.

Namun, 2018 menjadi tahun terakhir bagi Sony lantaran perusahaan ini sudah memiliki acara sendiri bertajuk "Destination PlayStation" di tahun 2019.

Acara tersebut memang dimanfaatkan Sony untuk memamerkan game terbarunya pula, sama seperti esensi E3.

Menarik melihat absennya perusahaan game raksasa macam Sony di ajang sekelas E3. Apakah Sony benar-benar akan meninggalkan pameran bergensi tersebut?

Baca juga: Mengintip Suasana Tokyo Game Show 2019

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com