Xiaomi Patenkan Dua Ponsel Lipat Mirip Huawei Mate X dan Motorola Razr

Kompas.com - 15/01/2020, 14:44 WIB
Ilustrasi penampakan ponsel terbaru Xiaomi yang dipatenkan di CNIPA. AndroidHeadlinesIlustrasi penampakan ponsel terbaru Xiaomi yang dipatenkan di CNIPA.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Trenat ponsel lipat atau foldable phone agaknya bakal makin mengemuka di industri. Xiaomi, misalnya, belakangan diketahui mematenkan rancangan dua perangkat terbarunya di China.

Dokumen paten yang memampang rancangan kedua ponsel lipat tersebut itu telah diajukan oleh Xiaomi sejak sekitar bulan Desember 2019, lalu hak patennya dikabulkan oleh kantor paten China (CNIPA) pada 10 Januari 2020.

Baca juga: Huawei Klaim Mate X Laku 100.000 Unit Tiap Bulan

Sebenarnya Xiaomi tidak menyebutkan bahwa kedua perangkat tersebut adalah ponsel lipat. Namun, jika diamati lebih dekat, keduanya memang menyerupai ponsel fleksibel yang tampak mengusung mekanisme lipatan berbeda.

Desain ponsel pertama mengingatkan kita pada Huawei Mate X yang sempat diperkenalkan tahun lalu, lantaran layarnya bisa dilipat ke luar (outwards) secara horizontal, serta dihiasi dengan bezel tebal di sisi kiri layar yang menampung deretan kamera. 

Ponsel lipat Xiaomi dengan desain clamshell.AndroidHeadlines Ponsel lipat Xiaomi dengan desain clamshell.

Sementara itu, ponsel kedua dalam paten Xiaomi mengusung mekanisme lipatan vertikal atau clamshell, layaknya Motorola Razr (2019).

Uniknya, jika Motorola Razr dilipat ke arah dalam (inwards), ponsel Xiaomi ini malah dilipat ke luar. Artinya, ketika dilipat, bagian depan dan belakang ponsel akan tertutup layar. 

Baca juga: Ponsel Layar Lipat Motorola Razr Meluncur, Harga Rp 21 Juta

Ada pula deretan kamera yang disusun secara vertikal yang turut menemani salah satu sisi layar di ponsel tersebut.

Meski desainnya terkuak di dalam dokumen paten, Xiaomi belum memastikan apakah kedua smartphone ini bakal diwujudkan dalam sebuah produk nyata atau tidak.

Bisa jadi kedua ponsel ini ternyata bukan ponsel lipat, melainkan perangkat yang dibekali dengan layar yang mengelilingi sekujur bodi ponsel, seperti Mi Mix Alpha.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi dan Harga Galaxy Fold 2, Jadi Ponsel Lipat Termurah?

Terlepas dari itu, Xiaomi sendiri dikabarkan bakal memaparkan informasi terkait perangkat lipat bikinannya pada gelaran Mobile World Congress (MWC) 2020 Februari nanti di Barcelona, Spanyol, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidHeadlines, Rabu (15/1/2020).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X