Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Identik, Ini Beda Realme 5 dan Realme 5i

Kompas.com - 15/01/2020, 19:32 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Realme resmi merilis ponsel Realme 5i di Indonesi, lewat sebuah acara peluncuran di Hallf Patiunus, Jakarta Selatan, Rabu (15/1/2020).

Sekilas, ponsel tersebut identik dengan "saudaranya", Realme 5, yang telah diluncurkan di Indonesia pada September 2019. Bahkan, fitur andalan yang ditawarkan oleh kedua ponsel pun serupa.

Misalnya, seperti fitur quad-camera dengan resolusi serupa (12 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP), baterai kapasitas jumbo 5.000 mAh, berikut layar seluas 6,5 inci (resolusi HD Plus). Lantas, apa beda antara keduanya?

Menurut Product Marketing Manager Realme Indonesia, Felix Christian, ada perbedaan yang menyertai kedua ponsel, baik dari sisi desain maupun spesifikasi.

Baca juga: Realme 5i Resmi Dirilis di Indonesia, Harga Mulai Rp 1 Jutaan

"Sebenarnya perbedaannya sangat banyak, dari sisi desain sudah pasti," ujar Felix kepada KompasTekno di sela acara peluncuran Realme 5i dan Realme Buds Air di Jakarta.

Realme 5iKOMPAS.com/Bill Clinten Realme 5i
Berbeda dengan Realme 5 yang mengusung desain casing benuansa kaca dan motif kristal, Realme 5i dibalut dengan casing berbahan matte yang diklaim tak akan menyisakan bekas sidik jari. Desain semacam ini dijuluki dengan istilah "Sunrise Design".

Sementara dari segi spesifikasi, Realme 5i sendiri sejatinya merupakan peningkatan dari Realme 5, terutama pada aspek kapasitas RAM dan harga.

"Spesifikasinya lebih (tinggi), RAM 4 GB (Realme 5i) dibandingkan dengan RAM 3 GB (Realme 5), tapi harganya sama," tutur Felix.

Adapun Realme 5 varian RAM 3 GB dan memori internal 64 GB dijual dengan harga Rp 2,2 juta pada saat peluncuran.

Realme 5i sendiri, meski hadir dengan RAM yang lebih besar dan memori internal serupa (4 GB/64 GB), justru dijual dengan harga yang lebih murah, yakni Rp 2 juta.

Baca juga: Video: Membandingkan Ponsel Rp 3 Jutaan Realme 5 Pro dan Vivo Z1 Pro

Dengan harga dan spesifikasi yang ditawarkan, Felix pun menyebut Realme 5i merupakan suksesor Realme 5 yang diyakini bakal menarik minat konsumen.

Untuk harga dan ketersediaan, Realme 5i bisa didapatkan lewat ajang flash sale di situs Realme.com dan e-commerce Shopee pada 20 Januari dan 23 Januari mendatang, dengan harga Rp 1,7 juta (3/32 GB) dan Rp 2 juta (4/64 GB).

Di luar flash sale, harga Realme 5i varian RAM 3 GB dan penyimpanan 32 GB akan dijual lebih mahal Rp 100.000.

Ada pula varian tertinggi Realme 5i yang akan tersedia pada Februari mendatang bakal dijual dengan harga Rp 2,3 juta (4/128 GB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com